10 Tips Belajar yang Akan Membuat Kita Menjadi Siswa yang Lebih Baik

0
5

Ketika kita duduk di bangku sekolah dan mencoba untuk belajar mandiri tanpa guru, pasti kita akan menemukan banyak masalah. Belajar jadi lebih sulit, dan kadang membuat kita susah untuk berkonsentrasi. Harapan untuk jadi siswa yang pintar dan baik pun kadang hanya akan menjadi angan-angan belaka, apalagi mengharapkan nilai yang selalu bagus. Lalu bagaimana cara kita mengatasinya?

Berikut adalah tips belajar yang akan membuat kita menjadi siswa yang lebih baik :

1. Seringlah pergi ke perpustakaan untuk belajar

© Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Belajar di perpustakaan menjadi alternatif tersendiri yang dapat memudahkan kita untuk belajar lebih rajin. Selain itu, konsentrasi kita pun tidak akan terbagi, kita juga akan lebih fokus dengan buku-buku yang kita tuju dan pelajari. Hal ini berbeda jika kita belajar sendiri di rumah atau di meja belajar pribadi. Beberapa godaan pasti akan muncul, entah kita merasa malas, lebih sering fokus bermain hp atau laptop, tiduran dan pada akhirnya malah tidak jadi belajar. Memang pada mulanya akan sulit membiasakan diri belajar di perpustakaan, duduk fokus dengan buku dan mematikan ponsel. Namun perlahan semua itu pasti akan membuahkan hasil untuk proses belajar kita sendiri. Intinya di sini adalah, fokus.

2. Buatlah bagan atau perencanaan belajar

© Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Ketika kita mempunyai tujuan untuk memperoleh nilai bagus atau berencana menyelesaikan study dengan baik, cobalah buat bagan atau perencanaan tentang itu. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk kita dan akan lebih membuat kita fokus tahap demi tahap untuk meraih apa yang kita tuju dalam proses belajar.

3. Jaga agar ruang belajar tetap bersih dan teratur

© Gambar oleh Wolfgang Eckert dari Pixabay

Jaga kebersihan ruang belajar. Ruang belajar yang bersih akan membuat kita mudah untuk berpikir, fokus, dan menemukan apa yang kita cari.

4. Bagilah tugas menjadi bagian-bagian kecil

© Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Tugas sekolah yang menumpuk akan membuat kita jadi malas untuk belajar. Bagilah tugas menjadi bagian-bagian kecil yang dapat secara bertahap kita kerjakan dengan baik. Setelah kita mengerjakan tugas itu, kita bisa membuat list daftar tugas yang telah selesai. Hal itu akan memudahkan kita dalam menyelesaikan tugas sekolah.

5. Buatlah catatan

Rajinlah untuk membuat catatan tentang setiap apa yang dikatakan guru, materi sekolah dan tugas-tugas. Hal ini akan membantu kita untuk mudah mengingat.

6. Buatlah tenggat waktu

© Gambar oleh OpenClipart-Vectors dari Pixabay

Untuk menyelesaikan semua tugas sekolah, cobalah untuk lebih disiplin dalam mengerjakannya. Buatlah tenggat waktu kapan tugas harus berhasil diselesaikan jangan sampai terlewat dari batas waktu yang pada akhirnya hanya akan membuat kita was-was.

7. Makanlah camilan yang sehat

© Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Ketika belajar sediakan makanan kecil yang sehat. Hindari makanan-makanan yang mengandung bahan-bahan pengawet. Segelas susu juga lebih baik untuk membuat kita lebih semangat belajar.

8. Aplikasikan stabilo pada catatan-catatan penting

© Gambar oleh YeriLee dari Pixabay

Saat kita menulis catatan penting atau membaca buku, jangan lupa aplikasikan stabilo berwarna pada tulisan. Beri warna yang berbeda pada setiap kalimat penting. Hal itu akan memudahkan proses belajar kita, dan akan membantu kita untuk lebih gampang mengingat.

9. Prioritaskan, prioritaskan, prioritaskan

© Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Ini adalah tips studi yang memiliki banyak lapisan. Prioritaskan tugas yang benar-benar harus lebih dulu dikerjakan. Urutkan sesuai dengan tanggalnya.

10. Beristirahatlah yang cukup

© Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Boleh saja belajar, namun jangan sampai terlalu menekan diri kita. Jika sudah masuk waktu istirahat, maka istirahatlah. Hal ini untuk menjaga tubuh dan otak kita tetap fresh. Selain itu otak juga akan beristirahat dan siap menerima materi baru di keesokan harinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.