15 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

0
1

Setiap orang pasti ingin hidup sehat. Dan kebanyakan orang beranggapan bahwa hidup sehat harus dimulai dengan diet. Mereka akan mengontrol pola makan dan memaksa tubuh untuk diet. Tak jarang pula, ada beberapa orang yang melakukan diet ketat yang salah demi tubuh sehat. Tapi tahukah Anda, bahwa diet bukanlah satu-satunya cara untuk hidup sehat?

Memang tak jarang banyak orang yang berhasil dengan dietnya. Namun, banyak juga yang tidak betah menjalankan program itu dan menyiksa diri dengan makanan yang kadang kurang mereka sukai.

Daripada Anda pusing memikirkan diet dan frustasi dengan kegagalannya, simak artikel ini.

Berikut adalah makanan-makanan untuk detoksifikasi tubuh yang rasanya lezat, dan membuat Anda kenyang :   

1. Bawang putih

© Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang terbukti melindungi organ tubuh dari kerusakan kerusakan dan keracunan logam berat. Studi mendapati bawang putih dapat mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19 persen. Dengan manfaat ini, bawang putih dapat digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh alias mengeluarkan racun yang tersimpan.

Peneliti menunjukkan bawah mengonsumsi bawang putih atau suplemennya dapat mengurangi pilek hingga 63 persen. Kalian dapat mengonsumsi bawang putih mentah saat musim pancaroba. Seperti diketahui, musim pancaroba merupakan musimnya para penyakit menyerang. Selain itu bawang putih juga dikenal mbaik untuk mengatasi kolesterol, jantung koroner, darah tinggi dan sakit gigi.

2. Kacang kenari

© Gambar oleh marijana1 dari Pixabay

Kacang kenari merupakan sumber asam lemak omega-3 dan mengandung asam amino non esensial yakni arginin yang berperan dalam pembuangan racun di hati, terutama amonia.

3. Grapefruit

© Gambar oleh ExplorerBob dari Pixabay

Buah-buahan ini tidak hanya rendah kalori, tetapi juga dapat mempercepat metabolisme Anda dan bahkan membakar beberapa sel lemak Anda. Makanlah setengah dari jeruk bali sebelum makan dan tubuh Anda akan mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan dengan cepat. Selain itu mengkonsumsi grapefruit juga dapat membantu membersihkan sistem pencernaan, sistem peredaran darah dan hati. Grapefruit diperkaya dengan zat antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi, grapefruit juga dapat memaksimalkan detoksifikasi racun yang mengendap akibat efek radikal bebas dan juga membantu meningkatkan proses penurunan berat badan.

4. Guacamole

© Gambar oleh PublicDomainImages dari Pixabay

Guacamole adalah hidangan Meksiko yang terkenal terbuat dari alpukat, bawang, tomat, lemon, lada dan ketumbar. Apa yang menonjol dalam hidangan ini adalah kekayaannya dalam lemak alpukat dan kekuatan antioksidan yang tinggi dari sayuran dan jus lemon. Studi terbaru menemukan bahwa kombinasi makanan alpukat dan ketumbar dapat membantu orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS). Anda dapat mengkonsumsi guacamole dengan cara mengoleskannya ke roti gandum.

5. Asparagus

© Gambar oleh Kranich17 dari Pixabay

Asparagus merupakan sumber Vitamin B, termasuk B1, B2, B3, dan B6. Beberapa jenis Vitamin B dapat bekerja sama dalam metabolisme glukosa untuk mengatur gula darah Anda. Kadar gula darah yang stabil membantu Anda menghindari nafsu makan, yang dapat menyebabkan Anda makan berlebihan. Asparagus juga mengandung kandungan serat tinggi yang berfungsi untuk mendorong kesehatan pencernaan, dengan merangsang pertumbuhan probiotik. Selain itu, kandungan Vitamin K dalam asparagus, dapat membantu membuang racun dalam tubuh dan melancarkan air seni.

6. Ikan Salmon liar

© Gambar oleh Robert-Owen-Wahl dari Pixabay

Anda mungkin pernah mendengar ahli kesehatan memuji manfaat ikan salmon. Kandungan Omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon dapat membantu aliran darah membersihkan banyak arteri dan organ vital Anda. Pastikan Anda membeli salmon liar asli, bukan jenis salmon biasa yang banyak Anda temui di toko.

7. Ubi Jalar

© pixabay.com

Ubi jalar adalah makanan yang disarankan untuk detox karena mengandung banyak anti oksidan. Kandungan vitamin A dan C yang terkandung di dalam kentang dapat bekerja baik di tubuh untuk menangkal radikal bebas. Keuntungan yang Anda dapatkan adalah ubi jalar mengandung senyawa yang dapat mengikat logam berat misalnya kadmium, tembaga dan merkuri sehingga proses detoksifikasi tubuh Anda dapat berlangsung dengan sempurna.

8. Bayam

© Gambar oleh Evita Ochel dari Pixabay

Sayuran berdaun hijau ini sangat baik untuk detoksifikasi hati karena pigmennya. Bayam dianggap sebagai diuretik, pencahar dan alkalizer. Ini juga kaya zat besi dan antioksidan yang membantu melawan anemia dan mencegah penuaan dini. Bayam juga sempurna untuk membersihkan darah karena kandungan zat besi, folat, vitamin B6 dan vitamin K. Semua ini adalah pemurni darah yang sangat baik.

9. Pisang

© Gambar oleh Evita Ochel dari Pixabay

Pisang mengandung potasium, serat, vitamin A, K, C, dan zat besi lain menjadikan pisang sebagai buah super sehat. Selain itu terdapat pula kandungan pektin, bahan alami yang memiliki manfaat luar biasa sebagai detoksifikasi tubuh.

10. Oatmeal

© Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Oatmeal yang terbuat dari oat ini dianggap sebagai salah satu makanan sehat. Dalam oatmeal terkandung lebih dari 50 nutrisi yang diperlukan tubuh, di antaranya karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium, dan zat besi. Vitamin dan mineral penting bagi tumbuh kembang Anda, juga untuk menjaga kesehatan tulang, jaringan tubuh, metabolisme, sistem kekebalan tubuh, serta berbagai proses lain yang terjadi dalam tubuh.

11. Bubuk Kakao (Coklat)

© Gambar oleh pixel2013 dari Pixabay

Bubuk kakao adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan flavonoid sebagai bagian dari senyawa polifenol. Keduanya merupakan antioksidan alami. Antioksidan adalah zat yang bertugas untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas, yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh. Senyawa polifenol ini banyak dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi peradangan, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

12. Bit

© Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Sering direkomendasikan untuk detoksifikasi karena kualitas pembersihan darahnya, bit juga dikenal karena meningkatkan aliran darah dengan asam nitrat. Apakah Anda minum jus bit atau melemparkan bit ke dalam salad Anda, hati Anda akan mendapat manfaat dari sifat regeneratif makanan.

13. Apel

© Gambar oleh pasja1000 dari Pixabay

Sering disebut sebagai buah ajaib untuk diet, apel juga mampu membuang zat berbahaya dari dalam tubuh. Dalam berbagai jenis apel seperti apel rome beauty, manalagi dan jenis lainnya terkandung pektin yang dikenal untuk menghilangkan penumpukan racun di usus. Selain itu, apel juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

14. Nanas

© Gambar oleh Security dari Pixabay

Mengonsumsi jus nanas merupakan salah satu cara yang baik untuk detoksifikasi. Kandungan vitamin, mineral dan nutrisinya dibutuhkan tubuh. Hal ini dapat membantu untuk membuang racun yang ada pada sistem pencernaan. Selain itu, nanas juga dapat mencegah efek berbahaya dari adanya radikal bebas dalam tubuh.

15. Seledri

© Gambar oleh jacqueline macou dari Pixabay

Anda bisa menambahkan seledri dalam masakkan atau membuatnya menjadi minuman. Jus seledri dipercaya bermanfaat untuk detoksifikasi atau pembersihan. Beberapa influencer mengklaim jus seledri dapat membersihkan dan meningkatkan sistem pencernaan setelah makan. Namun jus seledri tetap harus diimbangi dengan pola makan yang sehat supaya hasilnya akan optimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.