4 Cara Mencegah Diabet

0
18

Diabet merupakan penyakit yang sudah umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sangat banyak faktor yang menyebabkan penyakit ini, selain pola makan yang kurang baik, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis juga dapat menyebabkan diabet mudah hinggap dalam tubuh. Banyak cara yang ditempuh untuk mengobati sakit ini, namun terkadang masih belum bisa menyembuhkan diabet.

Penyakit ini tidak bisa disepelekan, karena sangat berbahaya jika dibiarkan. Ada beberapa kejadian yang dialami penderitanya salah satunya bahkan ada yang harus diamputasi bagian tubuhnya karena diabet. Sebenarnya diabet dapat dicegah dengan mengatur nutrisi dalam kehidupan kita sehari-hari. Mengatur nutrisi dan pola makan akan sangat membantu dalam mengatasi penyakit ini.

4 cara untuk membantu mencegah, mengobati, dan membalikkan diabetes:

1. Turunkan asupan gula

© freepik.com

Makanan yang mengandung banyak gula memang lebih enak dikonsumsi. Banyak sekali kita temukan makanan atau minuman manis di sekeliling kita. Bahkan hampir setiap hari tanpa kita sadari setengah dari makanan yang masuk kedalam tubuh kita hampir keseleruhannya mempunyai rasa manis. Ini berarti kandungan gula yang terkandug didalamnya cukup tinggi. Makanan atau minuman yang mengandung gula menyebabkan resistensi insulin dan merupakan penyebab diabetes tipe 2. Selain itu, ini juga dapat menyebabkan masalah dengan depresi, hubungan seks yang buruk, peningkatan risiko kanker dan hipertensi. Anda harus benar-benar mengontrol asupan gula pada makanan atau miuman yang akan Anda konsumsi untuk menghindari diabet.

2. Berolahragalah dengan cukup


© freepik.com

Jalan kaki setidaknya 30 menit per hari untuk menyeimbangkan gula darah dan menurunkan kadar insulin. Dianjurkan untuk mendapatkan detak jantung Anda hingga 70-80 persen dari kapasitas maksimum selama satu jam, sekitar enam kali seminggu. Ini sangat dianjurkan karena dengan berolahraga tubuh kita akan mengeluarkan keringat dan racun-racun dalam tubuh. Luangkan waktu untuk berolahraga waluapun hanya sebentar, tubuh yaang dibiasakan untuk berolahraga akan jauh lebih bugar daripada hanya duduk dan diam.

3. Tidur yang cukup


© freepik.com

Kurang tidur adalah salah satu penyebab kerusakan metabolisme. Yakni, ia bisa melonjak mengidam gula dan karbohidrat dan membuat Anda makan lebih banyak. Karena itu, kurang tidur dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya adalah diabetes. Bagi Anda yang terbiasa begedang mungkin akan lebih mudah terjangkit diabet Pola tidur yang kurang atau tidak memenuhi standar akan lebih mudah terjangkit diabet. Tidur yang cukup akan membantu tubuh dalam mengelola kadar gula. Aturlah pola tidur Anda untuk memulai hidup sehat dan jauh dari segala macam penyakit.

4. Turunkan stres Anda

© freepik.com

Ini biasanya terjadi pada mereka yang bekerja dalam jangka waktu panjang dan kurang bisa memaksimalkan waktu untuk istirahat atau merefleksikan dirinya sendiri. Tanpa Anda sadari stress juga akan mengakibatkan Anda mudah diserang berbagai penyakit. Selain jantung, asam lambung bahkan jika tidak segera ditanggulangi bisa sangat merugikan psikis Anda sendiri. Stres kronis meningkatkan kadar insulin, sitokin, dan kortisol. Semua ini berkontribusi pada kenaikan berat badan, dan diabetes tipe 2. Karena ada hubungan kuat antara stres, masalah gula darah dan kenaikan berat badan. Anda harus berhati-hati dalam mengelola stres. Meskipun kami menyadari Anda tidak dapat sepenuhnya menghilangkannya, Anda masih dapat mengendalikannya. Cobalah untuk pijat, berlatih yoga, olahraga pernapasan dalam, dan banyak tertawa.

Sebenarnya masih ada banyak cara dalam mencegah diabet, mulailah dari diri sendiri dengan mengatur nutrisi dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Pola hidup sehat akan membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Hidup sehat itu tidak harus mahal. Makan teratur, mengontrol pola makan, tidur yang cukup dan rajin berolahraga akan membuat tubuh kita semakin sehat dan bugar. Jangan menunggu sakit untuk memulainya, tapi belajar dan biasakan maka Anda akan merasakan hidup yang jauh lebih baik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.