4 Pekerjaan Ini Diperkirakan Akan Menghilang Dalam Waktu 10 Tahun Kedepan

0
6

Kemajuan teknologi yang begitu pesat tentu tidak dapat dipungkiri oleh banyak orang. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari yang sederhana, hingga yang menghebohkan dunia.

Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia zaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia. Di banyak belahan masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi, pangan, komputer, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya Teknologi sudah ada sejak jaman dahulu, yaitu jaman romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat.

Dan sekarang hampir semua kehidupan manusia juga berubah dengan adanya teknologi tersebut, termasuk dalam sektor pekerjaan. Diperkirakan pula ada beberapa pekerjaan yang akan menghilang dalam waktu 10 tahun kedepan karena digantikan dengan kehadiran teknologi.

Berikut 4 pekerjaan yang diperkirakan akan menghilang dalam waktu 10 tahun ke depan :

1. Sopir

© pixabay.com

Saat ini banyak perusahaan yang mengembangkan kendaraan self-driving, bahkan sudah ada beberapa perusahaan melakukan uji coba taksi self-driving seperti UBER. Mobil otomatis juga diperkirakan mampu membuat pekerjaan sopir menghilang. Melansir dari Business Insider, pada 2017 lalu, perusahaan taksi online Uber bahkan sudah bekerja sama dengan Volvo mengembangkan 24 ribu mobil self-driving SUV. Hal ini diprediksi akan menghilangkan peran sopir dalam bidang transportasi di masa depan.

2. Tukang Pos

© pixabay.com

Surat menyurat menjadi salah satu alat komunikasi yang cukup diminati beberapa tahun silam, namun semenjak kehadiran e-mail, kegiatan berkirim surat sudah sangat banyak berkurang. Jumlah pekerja pos semakin hari juga semakin berkurang dan ada beberapa alasan yang menyebabkan hal tersebut. Perusahaan swasta seperti JNE, TIKI, Go-send, Grab-deliver, Wahana, UPS, dan FedEx mengambil sebagian dari pekerjaan tukang pos. Tapi ada hal yang paling utama, yakni perkembangan teknologi. Surat-menyurat tidak lagi harus secara fisik karena melalui email seseorang bisa mendapatkan dokumen, data, respons tanpa harus menunggu kedatangan tukang pos. Dari segi efisiensi dan efektivitas hal ini sangat membantu manusia dalam hal pekerjaan atau apapun yang membutuhkan dokumen atau informasi secara cepat. Adapun, tukang pos tidak bisa melakukan hal tersebut.

3. Penerbit buku

© pixabay.com

Buku merupakan sumber informasi, tapi banyak yang lebih memilih untuk mencari informasi via internet karena dianggap lebih praktis dan gratis asalkan terhubung dengan koneksi internet. Hal ini menyebabkan penjualan buku menurun dan mengakibatkan pekerjaan ini terancam. Selain itu, banyak sekali orang yang tidak tertarik membaca buku.

4. Petani

© pixabay.com

Pertanian pada masa lampau merupakan bidang pekerjaan yang membutuhkan banyak pekerja. Namun terdapat perubahan yang signifikan untuk jumlah pekerja yang dibutuhkan di bidang ini. Kita masih dapat melihat pertanian dengan manusia sebagai buruh intensifnya di daerah-daerah yang belum berkembang. Pertanian saat ini dan nanti hanya perlu mengukur lahan melalui penggambaran satelit. Tanahnya telah dibuat bebas hama dan atau benihnya telah tahan terhadap hama. Penanaman dan pemanenan dapat dilakukan dalam fraksi waktu yang sedikit melalui perangkat keras khusus dan truk-truk pembawa hasil panennya pun akan berkendara secara otomatis tanpa pengemudi. Dengan majunya teknologi, imbasnya adalah setiap tahunnya jumlah petani semakin berkurang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.