5 Alasan Mengapa Harus Mencintai Diri Sendiri

0
30

Tak ada manusia yang sempurna, setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun tidak semua orang berani menerima kekurangannya. Tak sedikit orang yang menyalahkan diri sendiri dan dipenuhi pikiran negatif karena tidak mampu menerima kekurangannya.

Coba, deh daripada menyalahkan diri sendiri, sekarang kamu lebih baik mencintai dirimu sendiri atas apa pun kekuranganmu. Percayalah akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan. Lalu bagaimana cara Anda mencintai diri sendiri, ini tidak mudah dilakukan apalagi dengan cara instan. Mulailah untuk mencintai diri sendiri agar kehidupanmu jauh lebih menyenangkan, bukan berarti kita egois karena mencintai diri sendiri akan membuat kita semakin lebih berkesan.

1. Seberapa pentingnya mencintai diri sendiri

© freepik.com

Setiap orang mempunyai cerita kehidupannya masing-masing, begitupun kamu. Kamu menjalani kehidupan untuk dirimu sendiri, jadi kalau kamu tidak mencintai dirimu sendiri lantas siapa lagi?. Kamulah yang bisa menentukan bagaimana kehidupan yang akan kamu jalani, bukan orang lain. Jadi apapun kekuranganmu, kamu harus bisa menerimanya dan tunjukkan kelebihanmu. Jangan terlalu menghiraukan omongan orang lain tentang dirimu, tetap lakukan hal-hal yang baik  yang tidak merugikan orang lain. Dirimu berhak mendapatkan yang terbaik. Cinta-diri adalah proses yang Anda jalani dan pilihan hidup yang Anda buat hanya untuk kebahagiaan dan dukungan tulus dari diri Anda sendiri. Cinta-diri adalah menerima diri Anda apa adanya dan membuat perubahan pada hidup Anda sesuai keinginan Anda; tidak ditekan oleh orang lain untuk menjadi orang lain.

2. Bersabar dengan diri sendiri

© freepik.com

Setiap manusia pasti miliki masalah dengan kadarnya masig-masing, begitupula dengan dirimu sendiri. Apapun yang terjadi dalam kehidupannmu harus tetap sabar dan mencari solusi yang terbaik. Jika kamu sendiri tidak sabar bagaimana dengan orang lain. Ingatlah bahwa setiap masalah akan ada solusinya. Bersikap baik hati dan lembut terhadap diri sendiri. Mengembangkan dan membentuk kebiasaan baru membutuhkan waktu untuk bertahan. Jadi terus berlatih setiap hari sampai menjadi kebiasaan.

3. Tidak mendengarkan omongan orang

© freepik.com

Ingatkan dirimu bahwa kamu tidak perlu memaksakan dirimu melakukan sesuatu yang dilakukan oleh orang lain. Dan kamu nggak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Beranilah berbeda, karena mereka nggak berhak mengatur hidupmu. Waktumu di dunia ini sangat berharga, jadi jangan membuang waktumu untuk mengurusi omongan orang lain. Belum tentu mereka lebih baik darimu. Terkadang omongan dari orang lainlah yang membuat kita akhirnya kurang percaya diri dan pada akhirnya akan semakin membuat tekanan dalam hati. Sekarang saatnya untuk cuek dengan apapun yang orang lain bicarakan terhadap Anda.

4. Fokus pada diri sendiri

© freepik.com

Ketika Anda akhirnya mencapai tahap kemampuan cinta-diri Anda yang terbentuk sepenuhnya, Anda akan dapat memanfaatkan energi Anda dengan cara yang tidak menghilangkannya dari Anda. Untuk saat ini, fokus saja pada diri Anda sendiri. Jalani kehidupan semampu kita. Segala sesuatu pasti akan terjadi jika kamu percaya, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Kamu pun bisa melakukan segala sesuatu, kuncinya adalah ketahui dirimu sendiri dan percayalah bahwa kamu mampu melakukannya. Bukan berarti kita tidak peduli dengan orang lain, tapi ada saatnya kita juga tidak terbebani dengan mereka.

5. Memaafkan kesalahan orang lain dan dirisendiri

© freepik.com

Apapun kesalahan yang pernahorang lain perbuat terhadapmu, kamu harus berusaha merelakannya dan memaafkan. Sama sepertimu yang pasti pernah melakukan kesalahan maka akan sangat baik jika kamu memaafkan kesalahan yang orang lain pernah lakukan. Kamu bukanlah manusia sempurna yang tidak luput dari kesalahan dan masa lalu yang kelam. Kamu harus segera move on dengan masa lalumu dan bersiaplah untuk menorehkan tinta baru dalam babak hidupmu.

Cinta-diri sangat penting untuk kesehatan mental, kepercayaan diri, harga diri, dan harga diri Anda. Cara Anda melihat dan memperlakukan diri sendiri adalah cara orang lain belajar melihat dan memperlakukan Anda. Ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda mulai melihat kehidupan dengan cara yang berbeda. Karena apalah arti mencintai orang lain jika kamu belum mampu mencintai diri sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.