5 Tips Jogging Untuk Pemula

0
30

Memang tidak mudah untuk melatih tubuh agar tetap sehat dan fit dengan berolahraga. Terkadang kita malas untuk menggerakkan tubuh meski hanya beberapa menit saja. Meluangkan waktu untuk olah raga bukan, olah raga jika ada waktu luang, itu prinsip yang selalu saya pakai agar tubuh saya tetap terjaga meski sudah sibuk seharian dengan berbagai rutinitas yang cukup menyita waktu. Selain menjaga pola makan kitajuga harus membiasakan diri untuk jogging atau senam-senam kecil yang dilukakan dengan rutin setiap hari.

Olahraga di waktu pagi

Usahakanlah ketika bangun pagi untuk bergegas keluar rumah dan melakukan gerakan-gerakan kecil seperti pemanasan lanjut dengan lari-lari kecil mengelilingi halaman rumah atau komplek.

Kenapa memilih pagi hari saat bangun tidur? Karena ketika bangun tidur pikiran kita masih fres dan tubuh masih belum melakukan aktivitas apapun, itu akan membuat tubuh kita lebih ringan saat melakukannya selain itu udara pagi juga lebih sejuk dan sesuai dengan suhu tubuh. Paksa diri kita untuk bangun dan langsung berolahraga, paksa hingga ini menjadi kebiasaan. Tidak mudah memang tapi terus latih tubuh kita. Apalagi jika ini dilakukan oleh pemula yang sebelumnya malas untuk berolahraga.

Tips agar tubuh terbiasa berolahraga

1. Konsisten

Hal sepele yang sulit dilakukan adalah tetap konsisten melakukannya meski dalam waktu sesibuk dan secapek apapun kita. Menjalakan dengan konsisten bukan berarti kita harus berolahraga dengan keras setiap hari, cukup lakukan semuanya dengan bertahap. Kerjakan saat pagi dengan beberapa menit lari kecil, lanjut dengan senam ringan sesuai kemampuan. Hari berikutnya beri peningkatan dalam berlari dengan menambah waktu dan gerakan yang lebih bervariasi, begitu seterusnya dan lakukan dengan senyaman mungkin. Jogging diselingi senam akan membuat kita lebih banyak mengeluarkan keringat.

2. Olahraga dan istirahat

Setelah tubuh kita terbiasa untuk joging atau bahkan berlari maka semakin kita menaikkan waktu dan jarak dalam berlari. Jika dalam minggu-minggu kemarin kita hanya mampu memngelilingi komplek satu kali maka untuk minggu ini beri peningkatan menjadi dua kali mengelilingi komplek. Sekali mengelilingi komplek selingi dengan senam kecil lalu istirahatkan tubuh beberapa menit. Lanjutkan dengan berlari dan senam, begitu seterusnya. Istiarahat beberapa menit untuk mengembalikan suhu tubuh agar tidak terlalu kelelahan.

3. Tambah dengan latihan dirumah

Karena tubuh sudah terbiasa dan terlatih berolahrga maka kita bisa variasikan dengan olahraga dirumah. Tidak harus dilakukan setiap hari tapi bisa dilakukan saat berlibur, dan jika sudah terbiasa maka bisa dilakukan seminggu dua atau tiga kali. Olah raga apa yang bisa dilakukan?

Kita bisa mulai dengan benda yang ada dirumah. Dengan kursi atau sofa yang anda miliki, Anda bisa menggunakanya untuk melatih otot kaki dan paha. Carilah contoh gerakan yang mudah di media sosial yang bisa anda lakukan sesuai kemampuan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan lantai untuk sekedar sit up atau yoga. Dengan begitu jantung kita juga akan semakin sehat.

4. Buat jadwal jogging






Ada saatnya kita merasa bosan dan jenuh saat akan jogging, maka salah solusi adalah buatlah jadwal jogging dan selingan agar semuanya bisa terkontrol dan terencana dengan baik. Buat sesuai dengan waktu yang kita miliki, taruh di tempat yang biasa kita lewati atau kita biasa lihat setiap waktu. Kita bisa memilih untuk menempel di pintu kulkas, depan cermin atau dipintu kamar mandi. Cari tempat stategis agar kita tetap bisa membacanya setiap waktu.

Memang untuk mencoba atau memulai sesuatu untuk pertama kalinya membutuhkan tekad dan keinginan serta motivasi yang sangat kuat karena selain rasa malas ada ketakutan tersendiri pada diri kita. Untuk pemula yang biasanya bingung memulai jogging bisa menggunakan tips diatas agar lebih mudah melakukan dan lebih terjadwal. Lakukan semuanya dengan bertahap dan sealu konsisten agar apa yang kita inguin capai bisa terwujud. Jangan mennggu waktu luang untuk olahraga tapi luangkankanlah waktu untuk olahraga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.