8 Rutinitas Pagi Yang Menyehatkan

0
25

Ketika Anda ingin memiliki hari yang sehat dan bahagia, semuanya dimulai dengan rutinitas pagi Anda! Berikut adalah 8 ide untuk rutinitas pagi yang sehat dan bugar.

Kebanyakan orang akan sulit ketika bangun pagi, malas atau masih merasa capek. Rasa malas yang sudah mendarah daging dan sudah menjadi kebiasaan. Kebiasaan buruk yang sangat sulit untuk dirubah, memang tidak mudah untuk mulai belajar membiasakan diri untuk bangun lebih awal dan melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Anda akan memperlukan bebrapa hari saja untuk dapat terbiasa bangun pagi. Jika Anda konsisten melakukan langkah-langkah ini, Anda akan mulai memiliki rutinitas pagi yang sehat dan produktif!

1. Jauhkan alaram dari jangkauan Anda

© freepik.com

Langkah pertama menuju rutinitas pagi yang sehat adalah keluar dari tempat tidur ketika jam alarm berbunyi! Itu mungkin tidak akan terjadi jika Anda mendapatkannya dalam jangkauan tangan. Jika Anda adalah seseorang yang biasanya memiliki banyak jam alarm yang disetel ( 5:00 pagi, 5:10 pagi, 5:20 pagi, dll.) Atau hit yang ditunda ribuan kali setiap pagi, maka langkah ini akan menjadi paling sulit. Kini satnya Anda harus benar-benar mendisiplinkan diri dalam hal ini, jika alarm Anda dalam jangkauan, dapatkah Anda benar-benar memercayai diri sendiri untuk tidak menekan tombol tunda. Tubuh kita melewati siklus tidur dan ketika Anda tidur sebentar selama sepuluh menit, tubuh Anda mulai kembali ke tahap awal siklus kemudian menjadi buruk ketika alarm Anda berbunyi lagi. Maka biasakanlah mulai dari sekarang untuk bangun tepat waktu ketika alaram berbunyi tanpa menekan tombo tunda lagi.

2. Minum segelas air

© freepik.com

Tetap terhidrasi sangat penting untuk tidak hanya kesehatan Anda, tetapi juga pikiran Anda! Menjaga tetap terhidrasi membantu pencernaan, membersihkan kulit Anda, fokus Anda, dan mungkin ribuan alasan lainnya. Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa minum air putih saat bangun tidur sangatlah bagus bagi tubuh saat dipagi hai setelah tubuh beristirahat beberapa jam. Letakkan gelas didiekat tempat tidur Anda, agar memudahkan Anda mengambilnya saat bangun tidur dan menghindari Anda dari rasa malas untuk berjalan dan mengambilnya. Biasakanlah untuk minum air putih ketika bangun tidur dan Anda akan bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh.

3. Lakukan gerakan-gerakan kecil

© freepik.com

Melakukan gerakan-gerakan kecil setelah bangun tidur sangat bagus dilkaukan, setelah seharian beraktivitas didepan meja kerja jarang seklai menggerakkan tubuh. Ini dapat menyebabkan peredaran darah kurang lancar atau bahkan bisa menyebabkan kram otot, dengan melakukan gerakan kecil saat bangun tidur akan membuat tubuh bugar. Coba tambahkan beberapa peregangan ini ke rutinitas pagi harian Anda. Jika Anda malas melakukan joging maka sebaiknya Anda bisa melakukan gerakan-gerakan ringan dirumah atau teras saat bangun tidur.

4. Membuat jurnal pribadi

© freepik.com

Setelah Anda bangun dan mengambil segelas air dan mungkin kopi, luangkan beberapa menit untuk duduk dan memikirkan hari Anda. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil jurnal, atau bahkan bagian catatan di ponsel Anda, dan mencatat beberapa hal. Buatlah jurnal pribadi untuk  membantu Anda dalam beraktivitas, aktivitas yang terjadwal akan jauh lebih terkondidi dengan baik, dan Anda tidak akan bingung lagi dalam menentukan aktivitas Anda. Buatlah ini saat malam menjelang tidur, renacakan sebaik mungkin. Hanya Anda yang mengetahui segala aktivitas yang akan Anda lakukan besok. Bahkan Anda uga bisa mengatur jadwal makanan, ini akan sangat membantu dalam menjaga pola makan sehat karena Anda akan mengetahui makanan apa saja yang akan dikonsumsi. Anda bisa memulai dengan menjaga pola makan saat membuat jurnal makanan. Saya benar-benar percaya kita dapat memutuskan bagaimana hari kita berjalan dengan menetapkan niat kita di pagi hari. Sekarang saya tahu, terkadang hal-hal buruk terjadi dalam hidup yang dapat memengaruhi hari itu.

5. Olahraga pagi

© freepik.com

Secara realistis, mungkin sulit untuk berolahraga setiap pagi, tetapi saya akan mencoba setidaknya beberapa kali seminggu. Ada banyak efek samping yang baik saat berolahraga di pagi hari. karena berolahraga di pagi hari dapat membantu pola pikir yang sehat untuk sisa hari itu, Anda mungkin tidak berencana berolahraga setiap pagi, tetapi pastikan untuk mencatat kapan Anda melakukannya! Buat jadwal sesuai kemampuan Anda, jangan dipaksakan karena akan membuat Anda semakin malas. Akan sangat bagus jika Anda melakukan olahraga 30 menit dipagi hari. Ini benar- benar akan membuat tubuh Anda jauh lebih bugar.

6. Sarapan

© freepik.com

Sarapan sangat penting untuk diet Anda, tetapi merupakan makanan yang paling mudah diabaikan! Ada begitu banyak orang yang melewatkan sarapan dengan berpikir ini akan membantu mereka menurunkan berat badan, atau ada orang yang melewatkannya karena mereka pikir mereka tidak punya cukup waktu. Makan di pagi hari lebih bermanfaat daripada melewatkan makan lainnya. Sarapan dengan memperhatikan kandungan gizinya. Bukan sekedar makan dan kenyang saja, tapi sarapan yang berkwalitas untuk menambah energi pada Anda ketika bekerja atau beraktivitas.

7. Membersihkan dapur

© freepik.com

Terdengar malsa ketika kita mendengar kata membersihkan dapur, karena yang ada kita akan semakin capek. Lakukan ini saat pagi hari, lihat pakah ada piring atau gelas yang kotor yang harus cuci. Ketika malam selesai amkan atau mium kita biasaya hanya menaruhnya diatas meja maka disaat pagi kita harus mencucinya agar terlihat rapi dan bersih. Ketika pagi sudah malas untuk mencucinya maka sore hari saat kita pulang kerja akan terasa risih jika mendapati meja makan atau dapur dalam keadaan kotor. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membersihkan dapur dari pirig dan gelas kotor sisas makan malam.

8. MEDITASI

© freepik.com

Terakhir, tetapi pasti tidak kalah pentingnya, bermeditasi bahkan selama beberapa menit sebelum Anda pergi untuk hari itu. Meditasi tidak harus duduk dalam posisi bersila selama setengah jam. Ini bisa menjadi sesi kurang dari sepuluh menit di mana Anda baru sadar akan pernapasan Anda.

Jika ini adalah pertama kalinya Anda mencoba untuk bermeditasi, jangan khawatir jika Anda memiliki pikiran yang melayang. Tujuan meditasi adalah hanya untuk menyadari pikiran yang Anda miliki dan dengan sengaja membawa perhatian Anda ke pernapasan Anda. Ini mungkin saat yang tepat untuk menutup mata dan merenungkan niat yang Anda tetapkan di awal hari!

Dengan menerapkan langkah-langkah ini telah membantu saya menciptakan rutinitas pagi yang sehat dan produktif. Jelas, tidak setiap hari akan sempurna, tetapi jika Anda secara aktif melakukan langkah-langkah ini setiap hari, Anda pasti akan melihat perbedaan dalam hari Anda! Lakukan sesuai kemampuan kita masing-masing dan pastikan Anda melakukan demi kebaikan diri Anda sendiri. Hidup sehat akan membuat hari-hari kita semakin semangat dalam menjalaninya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.