10 Alasan Mengapa Ukuran Kelas yang Kecil Sangat Penting dalam Pendidikan dan Lebih Efektif

0
17

Mari kita bandingkan dua kelas yang berbeda. Dalam hal kemampuan guru, tingkat siswa, dan perilaku siswa, mereka pada dasarnya sama. Satu-satunya perbedaan di sini adalah bahwa satu kelas memiliki 10 siswa dan yang lainnya memiliki 30 siswa. Kelas mana yang ingin Anda ajarkan? Kelas mana yang lebih baik untuk siswa? Yang lebih kecil adalah jawaban yang jelas, tetapi apakah Anda tahu persis mengapa?

Inilah 10 alasan mengapa ukuran kelas yang kecil lebih efektif :

1. Lebih banyak waktu tatap muka

© pixabay.com

Di kelas yang mempunyai siswa 10 orang lebih banyak meiliki waktu yang intens dengan guru mereka. Jenis pendidikan ini sangat penting, baik untuk pengembangan keterampilan dan untuk menginspirasi siswa. Dengan lebih banyak waktu tatap muka dengan guru, siswa akan merasa yakin dan memiliki perasaan yang lebih besar bahwa guru mereka peduli terhadap mereka. Selain itu siswa juga akan menjadi lebih unggul dalam proses pembelajarannya.

2. Siswa tidak bisa menghindar

© pixabay.com

Di kelas yang mempunyai 30 siswa, akan menjadi lebih mudah bagi anak-anak yang pendiam, atau anak-anak yang tidak termotivasi, untuk menghindar dari kelompok belajarnya. Dan dengan lebih sedikit siswa, guru lebih mampu memastikan semua orang berpartisipasi dan terlibat dalam materi. Hal ini memastikan siswa tidak dapat menghindarinya, dan diharuskan untuk mengikuti pelajaran. Sementara guru dapat mencegah penurunan nilai siswa.

3. Lebih mudah mengidentifikasi masalah

© pixabay.com

Di kelas besar, guru sangat berjuang untuk mengidentifikasi di mana masalah mungkin timbul, dan kemudian karena waktu mereka sangat sedikit, mereka lebih lanjut berjuang untuk mengatasi masalah ini secara memadai. Ketika seorang guru memiliki 30 esai untuk dinilai, mereka akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk masing-masing. Dalam ruang-ruang semacam ini, para guru menghabiskan terlalu sedikit waktu untuk mengawasi dan mengatasi masalah-masalah siswanya.

4. Budaya kelas yang lebih kohesif

© pixabay.com

Kelas yang lebih kecil pada akhirnya akan membuat unit yang lebih kohesif daripada yang lebih besar. Ruang kelas yang lebih kecil akan membuat siswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan membentuk hubungan dengan semua teman sekelas mereka, memastikan bahwa kelas lebih saling mendukung.

5. Guru dapat membentuk hubungan yang lebih baik

© pixabay.com

Guru dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan siswanya. Di kelas yang lebih kecil, guru lebih tahu kekuatan, kelemahan, dan kebutuhan setiap siswa. Dengan peningkatan tingkat perhatian ini, guru mempunyai peluang untuk berhasil menciptakan proses belajar yang baik.

6. Siswa lebih terlibat

© pixabay.com

Ketika siswa memiliki hubungan yang kuat dengan guru mereka dan tahu bahwa mereka bertanggung jawab atas pekerjaan dan tingkat partisipasi mereka, mereka terikat untuk lebih terlibat dengan kurikulum. Ini memiliki dua akar ; pertama, siswa berada dalam lingkungan di mana keterlibatan dan kerja berkualitas hanya diharapkan dari semua orang – itu menjadi sesuatu norma budaya. Kedua, ketika siswa memiliki hubungan yang kuat dengan guru, ketika mereka peduli dengan apa yang guru mereka pikirkan tentang kinerja mereka, mereka pasti akan menghasilkan pekerjaan yang lebih baik.

7. Lebih cepat

© pixabay.com

Sederhananya, dengan kelompok kecil, perhatian guru lebih fokus, siswa cenderung terlibat dan lebih antusias terhadap materi. Pekerjaan akan dilakukan lebih cepat. Ketika pekerjaan dilakukan lebih cepat, kelas dapat mencakup dan mengeksplorasi lebih banyak topik, dan lebih lengkap menyelami  kurikulum dan ide-ide yang disajikan. Ketika semua pekerjaan telah dilakukan, semua orang punya waktu untuk lebih bersenang-senang di kelas, sehingga meningkatkan budaya dan kohesi kelas.

8. Menghindari Kekacauan

© pixabay.com

Kelas dengan 10 siswa, dapat meminimalkan keributan. Selain itu, akan lebih mudah untuk mengidentifikasi masalah yang muncul, sehingga dapat dipastikan lingkungan belajar yang tenang. Dan dengan kelas yang damai, semua manfaat lain yang disajikan akan lebih terasa efek positifnya.

9. Lebih mudah mengajar

© pixabay.com

Alasan di atas adalah daftar manfaat dari ukuran kelas yang lebih kecil, tetapi secara efektif akan membuat lingkungan mengajar yang lebih baik, lebih produktif, dan lebih mudah dikelola. Ketika guru diberi ruang untuk menjadi produktif di kelas yang positif dan damai, mereka hanya lebih bahagia dan lebih baik dalam pekerjaan mereka.

10. Siswa berkinerja lebih baik

© pixabay.com

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa siswa berkinerja lebih baik di semua mata pelajaran, di semua tingkatan, di kelas yang lebih kecil. Selain itu, penelitian ini menunjukkan manfaat lain dari ukuran kelas yang lebih kecil selain yang tercantum di sini, termasuk manfaat kinerja jangka panjang dan retensi guru yang lebih besar.

Dengan begitu banyak bukti yang mendukung ukuran kelas yang kecil. Dan guru harus memastikan pendidikan terjadi di lingkungan yang lebih konstruktif. Untuk hasil akademik yang lebih baik, guru akan yang lebih bahagia, masyarakat yang lebih berpendidikan, dan kelas yang lebih kecil harus mulai diterapkan di sekolah-sekolah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.