9 Makanan Untuk Meningkatkan Metabolisme dan Menurunkan Berat Badan

0
84

Metabolisme adalah adalah semua reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk yang terjadi di tingkat seluler. Tiga tujuan utama metabolisme yaitu konversi makanan menjadi energi untuk menjalankan proses seluler; konversi makanan/bahan bakar menjadi bahan penyusun protein, lipid, asam nukleat dan beberapa karbohidrat; dan pembuangan limbah nitrogen. Reaksi yang dikatalisis oleh enzim ini memungkinkan organisme untuk tumbuh dan berkembang biak, mempertahankan strukturnya, dan merespons lingkungannya.

Setipa kali Anda mengkonsumsi makanan, makanan itu akan berubah menjadi kalori, yaitu sebuah energi yang datang melalui sistem yang disebut metabolisme. Dan jika Anda tidak mampu membakar kalori maka energi ini akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

Jika metabolisme Anda rendah, maka Anda tidak dapat membakar energi berlebih secepat yang dilakukan seseorang dengan metabolisme tinggi. Dan energi berlebih yang tidak terbakar akan menjadi kelebihan lemak dalam tubuh.

Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Sederhana … perbaiki metabolisme Anda!

Metabolisme tubuh yang tinggi dapat membantu Anda membakar kalori dengan cepat sambil menurunkan berat badan dengan mudah dan lebih efektif. Untungnya, ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan metabolisme.

Berikut makanan alami yang dapat meningkatkan metabolisme Anda :

1. Teh hijau

© sirjasonwinters.com.jpeg

Teh Hijau adalah penambah metabolisme yang bagus. Kandungan antioksidannya dapat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak Anda. Minumlah secangkir teh dua kali sehari di pagi dan sore hari.

2. Kuning telur

© freepik.com.jpg

Kuning telur memiliki asam lemak esensial, vitamin, dan kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga Anda dapat mengkonsumsinya tanpa masalah penambahan berat badan. Konsumsilah satu atau dua butir per hari.

3. Bawang putih

© amoils.com.jpg

Tambahkan bawang putih ke masakan Anda. Kandungan anti peradangan yang dimiliki bawang putih sangat bagus untuk tubuh dan dapat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

4. Yogurt

© liputanviral.com.jpg

Yogurt mengandung banyak natrium dan vitamin pending di dalamnya. Zat alami inilah yang kemudian dapat membantu Anda untuk meningkatkan sistem metabolisme. Namun pilihlah yogurt polos daripada yogurt berperasa agar tubuh Anda tetap sehat.

5. Almond

© spiritriau.com.jpg

Kacang almond kaya akan kalori dan asam lemak esensial Omega-3 yang dapat mempercepat laju metabolisme dengan melawan leptin, hormon yang menurunkan laju metabolisme. Selain itu, kacang-kacangan mengandung banyak vitamin dan protein.

6. Brokoli

© imohtava.com.jpg

Brokoli mengandung antioksidan, kalsium dan vitamin C. Antioksidan yang ada dalam brokoli mengurangi tingkat stres oksidatif. Sayuran hijau ini dapat  membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu mengkonsusi brokoli juga dapat menjaga berat badan Anda. Jangan lupa tambahkan brokoli di menu sarapan Anda.

7. Buah Jeruk

© teropongsenayan.com.jpg

Buah jeruk terbukti menjadi penekan nafsu makan, membantu mempercepat metabolisme, meningkatkan ketahanan insulin, dan dapat membersihkan organ hati. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara mengolahnya menjadi jus.

8. Apel

© depositphotos.com.jpg

Apel ini rendah kalori, tinggi serat, sumber vitamin dan fitokimia yang larut dalam lemak. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang makan tiga apel kecil setiap hari dapat menurunkan berat badan mereka lebih cepat ketimbang wanita yang tidak mengkonsumsi apel. Anda harus menambahkan Apel dalam makanan harian Anda, terutama Apel hijau.

9. Jahe

© buckhorninn.com.jpg

Jahe mengandung senyawa fenol (gingerols, shogaols dan zingerone) yang memberikan karakteristik bau dan rasa jahe. Di dalamnya juga mengandung fungsi antibakteri, anti-inflamasi, analgesik, penenang yang semuanya berasal dari gingerols. Minyak volatile yang terkandung juga mempunyai fungsi anti kanker. Jahe meningkatkan pH lambung dan merangsang enzim pencernaan, dan karena tingginya serat dapat membuat nutrisi diserap dengan cepat, sementara makanan yang menyebabkan kembung dan sembelit dieksresikan dengan cepat. Ketika sistem pencernaan efisien, lambung akan lebih mudah mengekskresi makanan yang memberikan efek penurunan berat badan secara cepat. Ketika sistem pencernaan bekerja dengan baik, penggunaan energi meningkat.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda menjaga metabolisme tubuh dan mengurangi lemak tubuh Anda. Jangan lupa imbangi dengan olahraga teratur dan konsumsi air putih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.