Baru Pertama Kali Bekerja? Berikut Cara Agar Betah Bekerja di Tempat Baru

0
22

Pada mulanya, saat Anda berhasil diterima bekerja di sebuah perusahaan, Anda akan merasa senang. Menikmati semua pekerjaan dan hari-hari menyenangkan. Anda juga sangat semangat dalam mengerjakan tugas dari atasan. Dan di saat tanggal yang dinanti tiba, Anda langsung menyambut hari gajian dengan senyum lebar.

Namun seiring berjalannya waktu ketika Anda menghabiskan beberapa bulan di sana. Disaat semangat mulai kendor, Anda justru merasa malas untuk mengerjakan berbagai tugas kantor yang menumpuk. Malas untuk datang lebih pagi, bahkan yang terparah Anda mulai tidak betah. Tubuh hanya akan merasakan rasa lelah tanpa kenyamanan dan kebahagiaan terhadap rutinitas kerja Anda. Padahal kondisi Anda masih sangat membutuhkan pemasukan dari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan. Lalu, bagaimana kinerja kita akan bagus jika kita mulai merasa tidak betah?

Berikut cara agar betah bekerja di tempat baru :

Gerakkan Tubuhmu

© evanieto.es.jpg

Jika Anda bisa, cobalah berangkat ke kantor dengan naik sepeda, itu akan membuat tubuh dan pikiran Anda fresh. Namun jika Anda tidak bisa melakukannya, carilah hal lain yang Anda sukai, misalkan melakukan peregangan dan menggerakkan tubuh secara sederhana untuk membuat tubuh menjadi rileks.

Temukan Teman

© freepik.com

Memiliki teman akrab di tempat bekerja adalah hal yang sangat menyenangkan dan akan membuat Anda semangat. Selain menjadi tempat untuk bertukar pikiran, teman juga bisa menjadi penghibur Anda di kala lelah.

Cobalah Teknik Fokus Pada Waktu

© freepik.com

Cobalah fokus pada waktu. Misalnya Anda mematok waktu sekitar 25 menit, dan Anda harus bersikeras fokus pada satu pekerjaan dan menyelesaikannya tepat waktu. Jika tugas telah selesai, selanjutnya Anda istirahat. Cara ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan produktivitas.

Luangkan Waktu Sesekali Makan Siang di Luar

© mama.md.jpg

Ketika Anda bosan dengan suasana makan di kantor. Sesekali Anda perlu meluangkan waktu untuk makan di luar. Setidaknya suasana yang berbeda dapat membuat pikiran Anda fresh. Tapi jangan terlalu sering melakukannya, karena hal itu akan membuat keuangan Anda membengkak.

Simpan Kembalian Saat Anda Membeli Apapun

© freepik.com

Menabung dan menghemat uang adalah hal yang sangat penting. Jika Anda adalah orang yang sangat sulit menyisihkan sebagian dari gaji untuk menabung cobalah gunakan cara ini. Setiap Anda membeli sesuatu atau berbelanja apapun dan memperoleh uang kembalian, sisihkanlah uang kembalian itu dan masukkanlah ke dalam tabungan Anda. Walaupun nominalnya tidak besar, tapi sedikit demi sedikit akan terkumpul dan menjadi modal Anda untuk menabung.

Buat dan Pertahankan Anggaran

© freepik.com

Waktu yang tepat untuk membuat anggaran adalah ketika Anda baru memulai pekerjaan baru. Anda bisa mengaturnya dengan cara mematok dengan perbandingan 50:30:20. Belanjakan tidak lebih dari 50% pendapatan untuk hal-hal yang Anda butuhkan, tidak lebih dari 30% untuk hal-hal yang Anda inginkan, dan 20% untuk penghematan dan pengurangan hutang.

Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

© freepik.com

Setelah hampir satu minggu Anda menghabiskan waktu di kantor. Jangan lupa untuk memperhatikan diri Anda sendiri. Sediakan waktu untuk bersenang-senang. Pisahkan urusan antara kantor dan pribadi. Jangan sampai semuanya tercampur, karena hal itu akan menimbulkan stres pada pikiran Anda.  

Jangan Menatap Layar Komputer Sepanjang Hari

© freepik.com

Jangan membiarkan mata Anda seharian menatap ke layar komputer. Jika mata mulai lelah, cobalah alihkan pandangan ke suasana lain atau lakukan pekerjaan lain dan beristirahat dari depan layar komputer.

Mulailah Hari Anda dengan Sesuatu yang Penting

© freepik.com

Agar pekerjaan Anda fokus. Biasakan pada saat Anda memulai pekerjaan, cobalah mulai dari hal yang terpeting dulu. Jangan kerjakan pekerjaan yang dirasa kurang penting. Hal ini bertujuan agar pekerjaan Anda dapat tersusun rapi.

Simpan Kopi, Teh atau Makanan Ringan Lain di Tempat Kerja

© freepik.com

Anda bisa menyediakan kopi, teh atau makanan ringan di kantor. Ketika Anda bosan, Anda bisa menyelinginya dengan minum kopi sejenak. Hal ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda ketimbang harus membelinya di luar.

Pantau Kinerja Anda

© freepik.com

Ketika Anda telah menghabiskan waktu dalam sebulan untuk bekerja, cobalah buat daftar penilaian untuk kinerja Anda sendiri. Perhatikan hal-hal yang menurut Anda perlu diperbaiki dan perlu ditingkatkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.