Beberapa Saran Karier yang Terkadang Menyesatkan dan Harus Dihindari

0
18

Jika Anda adalah seorang lulusan sekolah baru, atau mungkin ingin mengembangkan karier,  maka akan ada banyak pilihan yang pastinya membuat Anda bingung untuk menentukan arah masa depan Anda. Tak jarang kita pun akan meminta pendapat dari orang lain. Tentunya semua orang mengidam-idamkan agar memiliki karier yang cemerlang. Namun, berhati-hatilah karena ada beberapa saran karier yang kamu harus pertimbangkan dengan baik agar tidak menjadi menyesatkan.

Sebut saja saran untuk mengikuti passion dalam berkarier. Saran seperti ini terkesan buta. Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan passion adalah sesuatu yang menyenangkan. Tapi, tidak mungkin juga mengandalkan pendapatan dari hobi. Mencari pekerjaan sampingan pun tetap diperlukan untuk menambah pendapatan.

Berikut adalah beberapa saran tentang karier yang terkadang menyesatkan dan perlu kita hindari

1. Bekerja harus sesuai passion

© pixabay.com

Jika kebetulan Anda mendapat pekerjaan yang sesuai dengan passion dan gaji yang menjanjikan pastinya akan sangat menyenangkan. Tapi, bagaimana jika pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda cukup jarang atau tidak memberikan penghasilan yang tinggi? Ada kalanya Anda harus bersifat realistis karena Anda juga membutuhkan penghasilan yang lumayan, walaupun pekerjaan Anda itu mungkin bukan sesuai dengan passion yang dimiliki. Ini adalah saran yang buruk jika ditelan mentah-mentah. Lebih baik mencari pekerjaan lain untuk sampingan. Sebut saja fotogragfi. Fotografi ini adalah hobi yang mengagumkan. Banyak orang yang sukses menjadikan hobi ini sebagai karier dan tak sedikit pula yang tak bisa menghasilkan banyak uang dari fotografi.

2. Jangan terus menetap pada pekerjaanmu

© pixabay.com

Ketika Anda sudah menemukan tempat kerja yang lebih menjanjikan, tak ada salahnya untuk meninggalkan tempat kerja Anda. Namun, jika hanya ada masalah-masalah kecil jangan langsung membuat keputusan untuk meninggalkan pekerjaanmu. Selesaikanlah dan buat keputusan secara matang-matang.

3. Mengambil jenjang pendidikan lebih tinggi agar karier lebih sukses

© pixabay.com

Banyak yang mengatakan bahwa dengan pendidikan yang lebih tinggi tentu karier yang diraih akan semakin cemerlang. Perlu diingat bahwa pengalaman juga merupakan sebuah hal yang penting dalam pekerjaan.

4. Hindari mengambil risiko

© pixabay.com

Memang ada beberaoa risiko yang dihindari seperti mempunyai hubungan buruk dengan rekan kerja, tetapi untuk melangkah maju dan menunjukkan perubahan kamu boleh mengambil risiko. Jika kamu tidak pernah melakukannya, Anda tidak tahu apa akan yang terjadi bukan? Tentunya Anda tidak menginginkan untuk menyesal dikemudian hari hanya karena tidak berani mengambil risiko.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.