Buah Kiwi, Si Hijau Asam Manis yang Kaya Manfaat

0
3

Kiwi adalah buah yang bentuknya hampir mirip dengan sawo namun pada tekstur kulitnya yang ciklat terdapat bulu-bulu halus. Selain rasanya yang enak, buah kiwi punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah berdaging hijau dengan rasa asam manis ini mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potasium.

Buah kiwi juga memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecil dalam buah kiwi dapat dimakan, begitupun kulitnya yang berwarna cokelat, namun banyak yang lebih suka mengupas kulit buah kiwi sebelum memakannya.

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, Buah kiwi juga bagus untuk kulita dan rambut

© pixabay.com

Buah kiwi bisa berbuah sepanjang tahun di beberapa daerah. Di negara California buah kiwi berbuah pada bulan November hingga Mei, dan di Selandia Baru pada bulan Juni hingga Oktober. Selain dapat dikonsumsi dalam keadaan segar, kiwi juga dapat diolah sebagai suplemen.

Buah kiwi yang kaya akan nutrisi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tapi tidak hanya itu, khasiat buah kiwi ternyata juga baik untuk kulit serta rambut Anda karena mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang memainkan peran penting untuk rambut sehat Anda.

Berikut beberapa manfaat buah kiwi yang perlu Anda ketahui :

© pixabay.com

1. Kaya akan serat larut dan tidak larut

Dalam satu cangkir sajian buah kiwi terkandung 5 gram serat. Kandungan serat tersebut dapat membantu memenuhi 25 gram kebutuhan serat harian bagi wanita dewasa. Serat larut baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan kadar kolesterol. Sementara serat tak larut akan membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga Anda terbebas dari sembelit.

2. Vitamin C-nya dua kali lebih banyak daripada jeruk

Ternyata kandungan vitamin C pada jeruk hanya setengah dari kandungan vitamin C buah kiwi lho. Vitamin C merupakan mikronutrisi yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit senantiasa sehat dan cerah.

3. Rendah kalori dan cocok untuk diet

Manfaat buah kiwi yang membuatnya disukai para wanita adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Satu buah kiwi berukuran sedang hanya mengandung 48 kalori. Sementara satu cangkir sajian buah kiwi yang sudah dipotong-potong mengandung 108 kalori sama seperti jumlah kalori dalam buah pisang berukuran sedang. Karena kandungan kalorinya yang rendah, tentu saja buah kiwi akan melengkapi program diet sehat. Anda bisa mengonsumsi buah kiwi secara langsung atau mengolahnya jadi smoothies maupun salah buah agar rasanya lebih menarik.

4. Kadar gula tetap stabil dengan menyantap kiwi

Semakin tinggi indeks glikemik dalam suatu bahan makanan, maka semakin besar pula peluang peningkatan kadar gula darah usai mengonsumsi bahan makanan tersebut. Kiwi merupakan buah dengan indeks glikemik yang rendah. Sehingga orang-orang yang obesitas, diabetes atau berpeluang terkena diabetes bisa mengonsumsi kiwi tanpa khawatir dengan peningkatan kadar gula darah.

5. Kiwi juga baik untuk ibu hamil

Asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin ternyata ada pada buah kiwi. Oleh sebab itu, ibu hamil dan wanita yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi kiwi agar memperoleh asupan asam folat. 

6. Melindungi kesehatan mata

Tidak ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan mata mulai dari sekarang. Selain mengonsumsi wortel, konsumsi buah kiwi juga baik untuk kesehatan mata. Kandungan karotenoid dalam buah kiwi merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh organ mata.

7. Buah organik yang bebas pengaruh bahan kimia

Kiwi merupakan salah satu buah yang termasuk dalam daftar 10 buah paling sehat pada tahun 2012. Tentu kiwi masuk ke dalam daftar tersebut karena dibudidayakan secara organik. Mengonsumsi buah yang bebas pengaruh bahan kimia tentu akan memberikan manfaat nutrisi yang maksimal untuk tubuh Anda.

8. Membantu mengatur tekanan darah

Manfaat buah kiwi dapat membantu menjaga elektrolit menjadi seimbang dengan menangkal efek natrium, karena buah ini mengandung potassium yang begitu melimpah.

9. Melindungi dari kerusakan DNA

Sebuah studi oleh Collins, Horska, dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik antioksidan dalam buah kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyarankan bahwa manfaat buah kiwi ini dapat membantu mencegah kanker.

10. Tingkatkan imunitas

Kandungan vitamin C yang tinggi dari buah kiwi bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.