Hindari Meletakkan Beberapa Benda Ini di Atas Meja Kerja Anda!

0
10

Meja kerja merupakan tempat dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu saat bekerja di kantor. Oleh karena itu, benda-benda yang terdapat di meja kerja tentu juga akan mempengaruhi aktivitas kita. Sebuah meja kerja yang rapi akan membuat kerja seseorang lebih produktif dan efisien. Itulah kesimpulan dari sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard Business Review. Sebaliknya, meja yang berantakan dan kotor akan cenderung memberikan dampak buruk terhadap performa kerja pemiliknya.

Berikut adalah benda-benda yang sebaiknya tidak diletakkan di atas meja kerja :

1. Makan siang

© pixabay.com

Anda mungkin berpikir makan siang di meja kerja adalah keputusan bijak. Namun, hal ini ternyata bisa mengganggu produktivitas kerja. Dalam sebuah artikel NPR tahun 2015, Profesor Kimberly Elsback dari University of California memberikan penjelasan tentang hal ini. Menurut dia, kreativitas dan inovasi sering terjadi ketika seseorang mengubah lingkungannya. Khususnya, ketika mereka ke luar ruangan dan bersinggungan langsung dengan alam. Jadi, cobalah untuk tidak menyantap makan siang di meja kerjamu, dan pergi ke luar kantor ketika jam istirahat. Berdiam di dalam ruangan dan lokasi yang sama akan merusak kemampuan berpikir kreatif tersebut.

2. Gelas kopi kotor

© pixabay.com

Gelas kopi kotor yang belum dicuci bisa mengotori area kerja. Luangkan sedikit waktu dan jangan malas untuk menyingkirkan gelas kotor tersebut ke dapur segera setelah digunakan.

3. Barang-barang berbau politik

© pixabay.com

Meskipun setiap orang mungkin memiliki preferensi politik masing-masing, namun ada kemungkinan rekan kerjamu justru tidak nyaman melihat barang berbau pesan politik yang ada di atas meja kerja Anda. Hal itu dikatakan oleh Pelatih bisnis dan Enterpreneur, Eugene Gamble. Hal ini bisa memicu ketegangan tidak penting di luar hal pekerjaan. Simpan barang-barang tersebut di tempat terpisah.

4. Dokumen penting

© pixabay.com

Para pekerja tidak seharusnya meletakan dokumen penting atau dokumen hukum di atas meja kerja. Hal ini, bisa membuat rekan kerja kita berpikir negatif terhadap kita ketika melihatnya. Bahkan, kesalahpahaman bisa pula terjadi.

5. Permen

© pixabay.com

Hindari menyimpan kue, permen atau cokelat di meja kerja jika Anda ingin menjaga pola hidup sehat. Pendiri HomeWorkingClub, Ben Taylor mengatakan, hal itu akan cenderung membuat kita otomatis ngemil di kala kerja. Apakah Anda bekerja pada jam kerja atau di rumah, pastikan tidak mengonsumsi camilan tinggi kalori di dapur atau tempat istirahat.

6. CV

© pixabay.com

Pelatih karir dan penulis “The Wall Street Professjonal’s Survival Guide,”, Roy Cohen memberikan pandangan tentang ini. Dia mengatakan, curriculum vitae atau resume yang tergeletak di meja bisa membuat orang lain berasumsi kita berniat berpindah kerja, atau akan diberhentikan dari posisi saat ini. Jika atasan kita melihatnya, bisa jadi kepercayaannya terhadap kita juga berkurang dan sulit untuk kembali.

7. Smartphone

© pixabay.com

Tak jarang kita tergoda untuk melihat aneka media sosial melalui smartphone, apalagi jika terdapat notifikasi, rasa penasaran pun muncul dan akhirnya kita malah keasyikan dan menunda pekerjaan kita.

8. Makanan sisa

© pixabay.com

Makanan sisa hanya akan membuat meja anda terlihat jorok, bahkan akan mengganggu rekan kerjamu jika makanan tersebut menimbulkan bau.

9. Pengharum ruangan

© pixabay.com

Jika Anda bekerja di ruangan yang terbagi-bagi dengan rekan lainnya, hindari menaruh pengharum ruangan karena bisa saja rekan kerja Anda tidak menyukainya dan menjadi tidak nyaman.

10. Poster maupun figure

© pixabay.com

Koleksi pribadi seperti ini lebih baik diletakkan di rumah agar Anda tidak terkesan kekanak-kanakan. Intinya, buatlah meja kerja Anda menjadi rapi agar Anda  merasa nyaman dan produktif saat bekerja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.