Tidak Hanya Cantik Sebagai Hiasan, Bunga Telang Ternyata Jadi Tanaman Obat

0
7

Bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika. Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang. Bunganya di berbagai tempat di Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue. Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Di Thailand, minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan. Terdapat varietas dengan mahkota bunga berwarna putih.

Bunga Telang mempunyai akar yang beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kembang telang diantaranya Saponin, Alkaloid flavanoid, Caoksalat dan Sulfur. Daun pada tanaman ini mengandung Koemferol 3 glucoside dan Triperprroid sedangkan bunganya mengandung delphiridin 3.35 triglucoside dan fenol.

Efek Farmakologis yang dimiliki oleh akar bunga telang diantaranya laxative ( pencahar), diuretic, perangsang muntah dan pembersih darah. Daun bunga telang dapat mempercepat pematangan bisul sedangkan bijinya dapat digunakan untuk obat cacing / pencahar ringan.


Perkembangbiakannya dapat dilakukan dengan biji. Bunga telang dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembaban tanahnya dan dipupuk dengan pupuk organik.

Biasanya, masyarakat jaman dahulu menggunakan perasan bunga telang untuk meringankan mata yang lelah, mata merah serta membuat mata menjadi bening. Namun, saat ini khasiat dari tanaman rambat asal Maluku ini dilupakan oleh sebagian besar masyarakat.

Tidak hanya itu, bunga telang juga dapat dijadikan teh dan bahan pewarna alami untuk makanan. Untuk membuat teh dapat dilakukan dengan mengeringkannya terlebih dahulu lalu diseduh dengan air panas dan campurkan dengan perasan jeruk sehingga membuat cairannya berwarna ungu.

Seluruh bagian tumbuhan kembang telang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakitberikut :

1. Abses / Bisul

© pixabay.com

Tumbuk halus bunga kembang telang berwarna biru secukupnya lalu tambahkan gula jawa secukupnya. Gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk mengoles bisul / abses. Selain itu rebus akar kembang telang putih kemudian minum air rebusannya. Air rebusan ini bermanfaat untuk mencuci dara

2. Demam, menghilangkan dahak pada bronkitis kronis, iritasi kandung Kemih / Saluran Kencing

© pixabay.com

Rebus 0,3 gr akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin saring air rebusan dan minum 2 kali sehari masing- masing 1 gelas

3. Radang mata merah

© pixabay.com

Rendam bunga kembang telang yang berwarna biru secukupnya dalam 1 gelas air sampai air rendaman berwarna biru, Gunakan air rendaman untuk mencuci mata

4. Sakit telinga

© pixabay.com

Cuci bersih daun kembang telang lalu lumatkan. Ambil air perasannya tambahkan garam lalu oleskan disekitar telinga yang sakit saat masih hangat

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.