Manfaat Jahe Bagi Tubuh

0
9

Dikenal sebagi rempah-rempah yang bermanfaat untuk menambah cita rasa pada masakan, ternyata dibalik semua itu terdapat manfaat lain yang terdapat pada jahe yang sering kita temui.Tanaman yang luar biasa ini juga dapat berfungsi sebagai tambahan untuk minuman, seperti minuman jahe, atau dalam biskuit jahe dan roti jahe. Namun, terlepas dari rasanya yang unik, ia menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya. Yaitu, jika Anda mengunyahnya, Anda akan memicu nafsu makan, dan merangsang cairan pencernaan.

Apalagi jahe bisa dikunyah agar tidak muntah dan mual. Penderita diabetes juga disarankan untuk minum air jahe di pagi hari dengan perut kosong, untuk mengatur kadar glukosa darah mereka. Jika Anda mencampurkan kunyit dan jahe untuk membuat pasta alami, Anda bisa mengobati ketegangan otot / kram otot dengan menggosoknya pada bagian tubuh yang sakit dua kali sehari. Juga, ada banyak kegunaan jahe lainnya dan beberapa di antaranya adalah:

1. Mengurangi gejala batuk dan sakit tenggorokan

© destinationtips.com

Perawatan jahe alami sangat efektif untuk flu biasa dan sakit tenggorokan. Yang harus Anda lakukan adalah memotong jahe menjadi irisan dan menambahkannya ke air mendidih. Kemudian, Anda juga bisa menambahkan madu dan lemon. Obat alami yang luar biasa ini dapat membantu Anda meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Jangan terganggu dengan rasanya yang mungkin agak pedas dan asam dari lemon, karena perpaduan rasa inilah yang akan membuat tenggorokan sakit karena dahak akan menjadi lega.

2. Meningkatkan pencernaan dan mencegah perut kembung

© media.npr.org

Dalam kasus gangguan pencernaan, jahe adalah obat yang sangat baik yang dapat membantu Anda. Banyak sekali yang mnegalami gangguan pencernaan yang karena kurangnya menjaga pola makaan atau bahkan buisa terjadi karena kurangnya menjaga makanan atau memilih makanan sehat yang layak dikonsumsi. Sekarang tidak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan dari luar yang mungkin kurang baik bagi kesehatan dan daya tahan tubuh Anda cukup dengan menggunakan jahe sebagai obat alami, untuk menenangkan perut yang  kembung dan gasnya, Anda hanya perlu merebus beberapa irisan jahe dalam air, tambahkan madu dan mengkonsumsi minuman. Dengan meminumnya secara teratur maka perut begah dan kembung akan segera terasi, dan Anda bisa melakukan aktivitas kembali dengan normal tanpa gangguan perut kembung.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

© ehonami.blob.core.windows.net

Ternyata jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, caranyapun sangat simpel dan mudah. Tanpa menguras dompet dan tenaga Anda bisa membuat ramuan ini dirumah. Peras jus 50g jahe parut dan tambahkan dalam 4-5l air panas. Kemudian, rendam kain dalam larutan dan oleskan pada area tubuh yang bermasalah. Lakukan saat masih hangat-hangat kuku, secara berkala dan rutin. Ini akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan sirkulasi darah karena capek setelah beraktivitas diluar rumah.

4. Menyembuhkan sakit kepala

© gameofglam.com

Sakit kepala sering kali kita alami dalam kehidupan sehari-hari, bahkan datangnya pun sering membuat kita terganggu. Apalagi disaat kita sedang sibuk dengan berbagai rutinitas dan tiba-tiba mengalami sakit kepala/migrain. Dengan jahe Anda dapat mengusir sakit kepala, caranya cukup mudah:

Campuran jahe, peppermint dan cabai rawit dapat membuat keajaiban dalam kasus sakit kepala migrain yang tak tertahankan. Persiapan obat ini sederhana dan mudah: dalam panci dengan air mendidih, tambahkan satu sendok teh peppermint kering, sejumput cabai rawit dan beberapa irisan jahe. Biarkan campuran mendidih sebentar, lalu tambahkan madu mentah atau Stevia untuk mempermanisnya. Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakannya secara topikal. Tambahkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam air dan oleskan pasta di dahi Anda. Ini secara efektif akan memecahkan masalah Anda dengan sakit kepala.

5. Mencegah asam lambung

© verywellhealth.com

Dengan rutin mengkonsumsi jahe baik dalam bentuk minuman atau campuran makanan akan membantu Anda dalam mengatasi asam lambung. Meski rasanya pedas ternyata jahe mampu menangkal asam lambung ynang sering terjadi karena berbagai kondisi yang tidak kita sadari. Mulai untuk membiasakan diri mengkonsumsi jahe dalam keseharian Anda. Obat penghambat asam memiliki efek merugikan pada penghalang asam lambung, sehingga dapat menyebabkan bisul dan kanker lambung. Di sisi lain, seperti yang dilaporkan dalam Penelitian Molekuler dan Nutrisi Makanan, bahan-bahan dari akar yang menakjubkan ini enam kali lebih bermanfaat daripada obat-obatan ini.

6. Meringankan sakit gigi

© rajil.com

Sakit yang sangat-sangat mengganggu adalah sakit gigi, akan sangat menyita tenaga dan emosi ketika gigi kita sakit. Selain rasanya yang bisa membuat orang yang menderita mudah emosi sakit gigi juga bisa menganggu Anda dalam makan dan beraktivitas. Jahe dapat menjadi solusi ketika Anda ingin mengobati sakit gigi dengan bahan herbal, Karena sifat anti-inflamasi yang kuat, jahe juga dapat meringankan sakit gigi. Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan jahe mentah pada gusi Anda. Juga, Anda bisa merebusnya dalam air, mendinginkan larutan dan kemudian menggunakannya untuk berkumur.

7. Mengurangi peradangan

© ocdn.eu

Jahe mengandung gingerol, bahan aktif yang sangat efektif dalam memerangi radang sel. Satu studi yang dilakukan pada pasien yang menderita nyeri otot dan radang sendi menemukan bahwa konsumsi jahe berhasil mengurangi rasa sakit dan pembengkakan otot. Jahe berpengaruh positif dalam kasus masalah kesehatan yang dipicu oleh peradangan sel, seperti diabetes, obesitas, dan Alzheimer.

8. Menghilangkan morning sickness dan mual

© daifu.co

Jahe juga memberikan bantuan dalam hal mual di pagi hari selama kehamilan. Tetapi kita harus disebutkan bahwa wanita hamil harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mereka mulai menggunakan obat, ramuan atau metode baru. Karena ibu hamil sebisa mungkin untuk mengurangi obat-obatan kimia, maka sebaiknya memilih untuk mengatasi mual diawal kehamilan dengan bahan yang alami.

9. Menghambat sel kanker

© fatosdesconhecidos.com

Banyak studi berbeda menunjukkan bahwa penggunaan rimpang jahe menurunkan peradangan usus besar dan usus, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar. Juga, para dokter di UMCCC (Pusat Kanker Komprehensif Universitas Michigan) membuktikan bahwa akar yang menakjubkan ini berhasil menghambat sel-sel kanker ovarium. Terlebih lagi, telah terbukti lebih efektif daripada perawatan yang biasanya diresepkan untuk pasien kanker ovarium, perawatan kemoterapi berbasis platinum.

Mari biasakan untuk menggunakan bahan alami sebagai obat yang dapat membantu mengatasi segala macam penyakit, selain aman untuk kita konsumsi kita juga dapat membuatnya sendiri dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Itulah beberapa manfaat jahe tanpa kita sadari sangat membantu dalam kehidupan kita. Selain bisa digunakan sebagai penambah rasa pada makanan ternyata juga bermanfaat sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.