Mau Dapat Beasiswa ke Luar Negeri? Yuk Lakukan Tips ini Agar Bisa Lolos Seleksi

0
6

Bisa menempuh pendidikan di luar negeri memang menjadi impian banyak orang. Bagaimana tidak, selain menawarkan kualitas pendidikan yang lebih baik kesempatan ini juga bisa digunakan untuk memperluas ilmu. Tidak jarang orang bisa mengubah nasibnya sepulang dari bersekolah di luar negeri.

Sayangnya masalah biaya sering menjadi kendala paling besar yang menghalang. Selain masalah biaya, kadang mereka yang mengikuti beasiswa pun masih merasa kesulitan untuk mempersiapkan diri mengikuti beasiswa.  

Berikut tips-tips agar Anda lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa ke luar negeri :

1. Berprestasi di bidang akademis dan mengikuti organisasi

© pixabay.com

Anda tidak cukup hanya mempunyai nilai-nilai yang tinggi karena sudah banyak orang-orang pintar. Namun Anda bisa memberikan nilai plus dengan mengikuti organisasi. Banyak pandangan bahwa jika Anda aktif dalam organisasi berarti Anda mampu untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain. Tidak perlu masuk partai politik atau bahkan gerakan-gerakan aneh. Anda bisa mulai dari OSIS atau Himpunan Keluarga Mahasiswa kampus. Mereka yang aktif organisasi akan lebih dilirik para pemberi beasiswa karena dianggap bisa memanfaatkan ilmu yang didapat untuk kepentingan orang banyak.

2. Punya pengalaman menjadi relawan

© pixabay.com

Negara-negara seperti Amerika biasanya cenderung lebih tertarik pada pelamar yang mempunyai pengalaman menjadi relawan di kegiatan sosial. Bahkan ada perusahaan tertentu yang mencantumkan hal ini sebagai salah satu syarat agar Anda bisa mendapatkan beasiswa. Jika di kota tempat Anda tinggal saat ini banyak kesempatan untuk menjadi relawan, tak ada salahnya untuk bergabung. Tidak perlu repot atau khawatir tidak ada biaya, bahkan dengan membersihkan sampah di lingkungan sekitar, Anda sudah bisa mulai melakukan kegiatan sosial.

3. Mendalami bahasa asing

© pixabay.com

Saat Anda menjalani pendidikan di luar negri, bahasa yang akan digunakan sebagai pengantar materi adalah bahasa asing. Anda bisa mendalaminya lewat kursus maupun secara otodidak, karena biasanya dalam beasiswa Anda juga harus mengikuti tes bahasa asing sebagai persyaratan. Tes yang paling umum adalah TOEFL dan IELTS. Untuk mengamankan posisi Anda, pastikan Anda memiliki skor TOEFL diatas 550 dan nilai IELTS diatas 6,5. Saat ini Anda bahkan bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti latihan via online untuk TOEFL dan IELTS.

4. Membuat CV dan Motivation Letter yang menarik

© pixabay.com

Buatlah CV dan Motivation Letter yang menarik dan menunjukkan mengapa Anda layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Tunjukkan bahwa kelak Anda akan memberikan kontribusi ke lingkungan sekitar saat menjalani tahap interview, tunjukkan bahwa Anda cocok untuk menerima beasiswa ini karena kelak Anda akan memberikan kontribusi untuk lingkungan sekitar. Biasanya pewawancara akan lebih menyukai pelamar yang mempunyai kepedulian tinggi dan tidak egois. Persiapkanlah semua dengan baik dan saat mengalami kegagalan jangan langsung menyerah. Jika Anda terus mencoba maka Anda akan lolos dan mendapatkan beasiswa tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.