Mengapa Orangtua Perlu Bermain dengan Anaknya

0
9

“Ayah, Ibu, bisakah bermain denganku?”

Kalimat itu adalah kalimat yang jadi renungan untuk para orangtua. Menemani anak bermain, melakukan hal-hal seru dengan si kecil akan menjadi hiburan tersendiri bagi seorang ibu. Selain itu kita juga akan mengerti dan memahami tumbuh kembang si anak.

Menjalin kedekatan dengan bermain bersama anak, secara tidak langsung akan menyentuh hatinya. Hal itu pun memudahkan kita untuk mengetahui apa saja aktivitas dan perkembangan mereka. Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa anak-anak hanya perlu bermain dengan anak-anak sepantarannya, dan orangtua tidak perlu ikut bermain dengan si anak. Cukup mengawasi saja. Dan rasanya hal itu adalah ungkapan yang salah. Justru dengan bermain bersama anak, orangtua akan menjadi kawan terdekatnya dan anak akan merasa penuh dengan cinta kasih.

Inilah alasan mengapa Anda perlu bermain dengan anak Anda :

1. Membuat Anda lebih dekat dengan anak

© Photo by Juan Pablo Arenas from Pexels

Bermain bersama mereka akan membantu Anda mengenal si anak dengan lebih baik. Banyak orangtua yang tidak megenal anaknya secara baik. Bermain dengan mereka membantu Anda mengenal mereka seperti hampir tidak ada yang bisa dilakukan. Anda mengetahui kecenderungan, perilaku, apa yang ia suka dan tidak ia sukai, dll. Hubungan antar orangtua dan anak akan menjadi lebih intim.

2. Membantu Anda mengekang perilaku buruk anak

© Photo by Lukas from Pexels

Dengan bermain bersama anak, selain membangun kedekatan dengan mereka Anda juga bisa mengewasi perilaku mereka. Ketika Anda tetap terhubung dengan anak, segala perilaku buruk yang muncul ketika mereka bermain, misal berbuat curang atau membuat saudara yang lain menangis, semua bisa Anda atasi.  

3. Kesempatan untuk mengajarkan keterampilan pada anak

© pixels.com

Ini adalah kesempatan untuk mengajarkan keterampilan memecahkan masalah dan sosial. Ada banyak banyak kesempatan untuk mengajar melalui permainan, bahkan tanpa Anda harus menjadi guru. Karena bermain lebih banyak dilakukan bersama, mereka dapat melihat secara langsung bagaimana Anda memecahkan masalah, dan itu seperti memberi mereka kehidupan pembinaan. Gratis.

4. Membantu Anda membangun koneksi yang kuat dengan anak

© pixels.com

Membangun koneksi, ini adalah hal terpenting yang dapat Anda fokuskan sebagai orangtua. Begitulah cara Anda mentransfer berbagai hal kepada karakter anak-anak Anda, sistem kepercayaan, keterampilan, dll. Tanpa koneksi yang kuat, sangat sulit untuk mengoreksi / mengajar / memberikan apa pun kepada anak-anak Anda. Bahkan jika Anda memiliki bayi yang baru lahir atau bayi Anda baru berusia beberapa bulan, luangkanlah waktu untuk terlibat dan bermain dengannya. Jangan meremehkan dampak positif ini pada perkembangan otak mereka!

5. Mengekang rasa lapar mereka akan media

© Photo by Mateusz Dach from Pexels

Anak-anak zaman sekarang bukanlah anak-anak dari generasi kita. Mereka sudah terbiasa terbiasa mengakses layar, dan mereka juga tumbuh melihat kita terus-menerus melihat layar. Kita semua tahu bahwa anak-anak kita seharusnya tidak punya bermain gadget terlalu banyak. Bermain adalah cara anak-anak mulai memahami dan memproses dunia mereka, dan mereka lebih rentan untuk mulai menciptakan sesuatu daripada hanya menatap gadget.

6. Membantu anak membangun kreativitas

© Photo by Porapak Apichodilok from Pexels

Bermain dengan mereka dan melakukan kegiatan bersama mereka membantu mengembangkan kreativitas dan upaya mereka ke tingkat yang mungkin tidak mereka coba sendiri.

7. Membuat anak merasa istimewa

© Photo by Sharefaith from Pexels

Tidak hanya terlihat dalam perilaku mereka, ketika orangtua bermain dengan anak, mereka akan lebih merasa puas. Anak lebih banyak tertawa, lebih banyak tersenyum, dan umumnya lebih ramah.

8. Meningkatkan pengaruh Anda dalam kehidupan mereka

© Photo by Lina Kivaka from Pexels

Siapa pun yang bermain dengan anak-anak memiliki pengaruh paling besar dalam kehidupan mereka. Inilah sebabnya mengapa anak-anak lebih cenderung mendengarkan teman-teman mereka daripada orangtua mereka pada saat mereka remaja. Teman-teman mereka menjadi orang yang lebih memahami mereka. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk bermain dengan anak-anak Anda, mereka akan melihat Anda sebagai orangtua mereka, tetapi Anda mungkin tidak mendapatkan akses ke hati mereka. Anda tidak ingin ini terjadi, terutama di dunia saat ini bukan, jadi mainlah!

9. Membebaskan lebih banyak waktu untuk Anda

© Photo by Maria Lindsey from Pexels

Tidak ada orangtua yang suka menghabiskan sepanjang hari untuk manajemen konflik. Namun, jika Anda mendedikasikan waktu luang untuk sepenuhnya terlibat dengan anak-anak dalam permainan, hal itu akan membantu mereka membuat pilihan perilaku yang lebih baik secara umum. Selain itu juga akan membantu Anda meluangkan waktu untuk mengelola rumah dan hal-hal lain.

10. Membantu menjaga Anda dari seringnya menghukum anak

© pixels.com

Karena Anda sedang berupaya membangun koneksi yang baik melalui permainan, anak memiliki cara untuk melembutkan hati Anda. Jika biasanya si anak lebih sering nakal, membuat Anda jengkel, dan yang Anda bisa lakukan hanya lah menghukum si anak, maka dengan menerapkan rutinitas bermain bersama mereka, si anak akan jadi lebih baik.

11. Membantu Anda memberikan contoh perilaku baik pada anak

© pixels.com

Anda dapat menggunakan situasi bermain untuk memberikan contoh perilaku yang benar dan dengan demikian mengatasi masalah perilaku buruk dengan anak-anak Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan patung atau boneka dan meminta salah satu dari mereka bertindak sedemikian rupa sehingga mencerminkan perilaku buruk yang Anda lihat pada anak Anda. Maka Anda atau anak Anda dapat menjadi teman atau ibu dalam situasi dan memperbaiki perilaku boneka atau patung itu. Anda tidak dapat mengoreksi anak-anak Anda dari jarak relasional dan berharap untuk melihat buah relasional yang Anda cari. Bermain dengan anak-anak Anda memberi Anda peluang besar untuk mengatasi hal-hal ini.

Bagaimana cara melakukannya

© Photo by Markus Spiske temporausch.com from Pexels

Anda tidak harus menghabiskan sepanjang hari bermain dengan anak-anak Anda untuk mendapatkan manfaatnya. Jika Anda adalah orangtua yang sibuk, cobalah susun jadwal waktu luang untuk bermain bersama anak.

Anda dapat melakukan apa saja yang menurut Anda akan dinikmati anak Anda, seperti:

  • Melakukan permainan imajiner
  • Melakukan kegiatan meja, seperti mewarnai, bermain cat air, cat jari, bermain doh, pasir kinetik, memotong dan menempel, dll.
  • Bermain di luar rumah
  • Melakukan kegiatan seru membuat lelucon dan hal-hal konyol yang menyenangkan

Tetapi bagaimana jika Anda tidak suka bermain?

© pixels.com

Apakah pikiran bermain dengan anak Anda membuat Anda bosan?

Jangan membandingkan diri Anda dengan orang-orang yang benar-benar pandai bermain dengan anak-anak. Pikirkan hal-hal yang berkaitan dengan kebahagiaan anak Anda. Utamakan tumbuh kembang dan manfaatnya untuk anak. Bangunlah kedekatan dengan cara kreatif yang memungkinkan hubungan antar Anda dan anak Anda menjadi lebih harmonis dan lebih intim.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.