Pengaruh Tekhnologi Dalam Dunia Pendidikan

0
13

Di zaman modern seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Teknologi di masa kini telah berkembang dengan pesat. 

Tak seperti waktu dulu, Teknologi sangatlah berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas. Saat ini kita hidup di abad 20. Artinya kita berada di lingkaran teknologi modern yang tidak pernah berhenti berevolusi dan terus berotasi dengan perubahan tak terbatas. Teknologi bersifat regenerasi artinya terus terlahir dengan kelebihan dan memangkas kelemahan yang pernah ada. Dan teknologi hadir seperti virus yang menyebar dan ikut merambah dalam dunia pendidikan.

Tekhnologi dan dunia pendidikan

© pixabay.com

Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi (Nella Hutasoit, 2012). Teknologi informasi dalam dunia pendidikan layaknya kebutuhan primer yang tidak bisa ditawar. Ini seiring dengan tuntutan di era modern yang memanfaatkan teknologi sebagai penunjang baik di dalam dunia pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lain-lain.

Hasil teknologi sendiri telah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Penemuan kertas, mesin cetak, radio, film, TV, komputer dan lain-lain itu dimanfaatkan bagi pendidikan. Pada hakekatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusus untuk keperluan pendidikan, akan tetapi alat-alat tersbut ternyata dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. 

Fakta pada saat sekarang penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan sudah menjamur. Ini akan terlihat dari proses pembelajaran seorang tenaga pengajar akan menyampaikan pembelajaran melalui aplikasi media pembelajaran atau menggunakan proyektor sebagai media penyampaian materi. Pelajar juga akan berpikir kreatif dengan memanfaatkan teknologi internet untuk mencari informasi apa saja yang diinginkan. Tidak direpotkan dengan tumpukan buku yang harus dibaca lembar demi lembar. Karena presentasi minat baca di Indonesia berada di posisi 60 dari 61 negara, berdasarkan studi “Most Littered Nation in The World”yang dilakukan oleh Central Connecticut State University.

Penggunaan tekhnologi dalam dunia pendidikan ini juga membawa dampak yang sangat besar bagi penggunanya. Dan ini menjadikan kita harus lebih teliti dan bijak dalam penggunaan tekhnologi. Sebagian besar tekhnologi memberikan dampak positif dan sebagian lagi memberikan dampak yang negatif.

Berikut dampak positif dari penggunaan tekhnologi dalam dunia pendidikan :

© pixabay.com
  • Informasi yang didapat oleh siswa/siswi,bahkan guru lebih cepat
  • Banyaknya Inovasi dan Semangat untuk pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  • Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  • Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos, internet dan lain-lain.

Berikut dampak negatif dari penggunaan tekhnologi di dalam dunia pendidikan :

© pixabay.com
  • Banyak dari siswa/siswi yang mals mencari information dari buku, karena mereka tergantung dengan Google
  • Hal ini telah mengurangi fokus mereka untuk belajar dan mempertahankan informasi karena mereka bergantung pada media sosial
  • Banyak siswa telah kecanduan dengan gadget digital ini dan ini menyebabkan banyak gangguan saat mereka mencoba untuk belajar atau mempersiapkan diri untuk ujian
  • Hal ini berdampak negatif terhadap prestasi akademik mereka.
  • Mereka mulai mendapatkan nilai rendah di sekolah karena kurangnya belajar dan mengurangi kemampuan menulis.

Dalam menanggapi teknologi yang terus berkembang pesat seharusnya kita dapat bersikap bijak. Gunakan teknologi sesuai porsi dan kebutuhan. Tidak berlebihan dan juga tidak ketinggalan informasi. Layaknya minum obat, haruslah sesuai takaran yang dianjurkan. Apalagi dalam dunia pendidikan di mana teknologi sangat banyak memberikan manfaat. Kita bukan lagi pelajar tahun 90-an ke bawah, di mana untuk mencari informasi harus berburu buku dahulu. Maka, jadilah bijak sebagai pelajar. Boleh memanfaatkan teknologi, tapi jangan dibodohi teknologi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.