Persiapan Menyambut Kedatangan Sibuah Hati

0
19

Setiap pasangan suami istri pasti sangat bahagia ketika akan menyambut kedatang bayi terlebih jika mereka menunggu cukup lama. Hal ini tentu menjadi suatu kebanggan dan kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang akan menimang bayi dalam waktu dekat. Sungguh ini moment yang sangat ditunggu- tunggu oleh semua pasangan yang sudah menikah.

Bagi calon ibu selain mempersiapkan fisik dan mental tentu juga akan sibuk mempersiapkan berbagai macam peralatan bayinya nanti. Dan sebagai calon ibu tentu akan menjadi hal yang membahagiakan jika berbelanja peralatan bayi, selain mempersiapkan segala macam peralatan bayi tentu sebagai calon orang tua hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mempersiapkan ruangan untuk calon bayi.

Berikut ini persiapan yang harus dilakukan oleh calon orangtua dalam menyambut kedatangan si buah hati.

1. Membersihkan ruangan

© biopolish.com

Ini point yang paling penting untuk menyambut kehadiran bayi, jangan hanya fous pada peralanya saja ya bun. Mempersiapkan ruangan yang nyaman dan bersih bagi bayi sangatlah penting karena memiliki rumah yang bersih akan memastikan bahwa tidak ada bahaya tersembunyi yang menunggu untuk menyerang bayi Anda, baik dari binatang yang berbahaya maupun dari segi keamanan sang buah hati.

Anda bisa memulainya dengan mendapatkan pembersih udara yang baik, pastikan sirkulasi udara diruangan bayi bagus. Pastikan bahwa udara dalam ruangan Anda bebas dari polusi sekitar yang mungkin kurang sehat , jamur, bulu hewan peliharaan, debu, dan bahkan bau.

Rumah yang rapi dan tenang jauh dari keramaian dan kebisingan akan jauh lebih mudah untuk dijaga kebersihan dan keamanannya, ditambah lagi akan selalu terlihat rapi, bahkan ketika Anda sangat sibuk dengan bayi Anda yang baru lahir. Menjaga kebersihan sangat penting, tetapi jangan berlebihan. Lakukan sejawarnya saja. Menjaga anak Anda di lingkungan yang steril akan berdampak  pada sistem kekebalan bayi Anda kurang berkembang. Jadi, pembersihan menyeluruh itu baik, tetapi jangan sampi mensterilkan semuanya.

2. Meninjau kembali ruangan

© popmama.com

Pastikan bahwa ruangan Anda tidak terlalu penuh dengan barang-barang yang mungkin kurang atau tidak berguna bagi bayi Anda. Seleksi dengan teliti lagi barang-barang yang dibutuhkan bayi karena tidak semua barang akan berguna ketika masih bayi. Memliki ruangan yang luas atau longgar akan membuat bayi maupun ibu merasa nyaman ketika berada didalamnya, jadi, perhatikan baik-baik di sekitar rumah Anda dan simpan semua yang tidak Anda butuhkan untuk membersihkan ruang. Siapkan keperluan bayi yang benar-benar bermanfaat agar Anda juga tidak kerepotan dalam membersihkannya, dan jangan lupa untuk membuat ruang untuk barang yang lebih besar seperti kereta bayi. Dan keranjang bayi/ baby box.

3. Gunakan perabotan rumah yang masih bisa dipakai

© desainrumahbaruu.blogspot.com

Pastikan perabotan rumah yang biasa Anda pakai sehari-hari masih dalam keadaan normal misal, mesin cuci, oven, kulkas, termos dll, karena ini akan Anda butuhkan ketika Anda sudah sibuk merawat bayi yang baru lahir. Jika Anda memiliki peralatan lama yang siap pensiun, sekarang saatnya untuk menggantinya dengan sesuatu yang baru dan lebih baik.

Bahkan banyak ibu juga merekomendasikan persiapan makanan, setidaknya untuk beberapa hari pertama setelah Anda kembali dari rumah sakit. Anda tidak mungkin memasak atau berbelanja bahan makanan ketika selasai persalinan, jadi persiapkan makanan secukupnya.

4. Persediaan perlengkapan bayi

© mpasi.org

Pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa peralatan dan kebutuhan bayi pasca persalinan, mengingat Anda sebagai ibu baru tidak akan mungkin keluar untuk berbelanja. Sediakan kebutuhan bayi seperti popok, susu, dot baju dalam jumlah yang cukup banyak untuk beberapa minggu kedepan, Anda dapat membeli dalam jumlah besar untuk menghemat uang. Barang-barang yang harus dibeli dalam jumlah yang cukup banyak adalah peralatan kebersihan dan baju ganti untuk bayi,jangan lupa umtuk meyiapkan handuk kertas, tisu basah.

5. Jangan mengabaikan kebutuhan ibu

© hellosehat.com

Tentu saja hari-hari Anda setelah memliki bayi akan semakain menyenangkan dan bersemangat, tapi jangan sampai lupa untuk tetap memperhatikan kebutuhan Anda sendiri. Selain persediaan dan asupan makanan yang cukup anda juga perlu menyiapkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Aktivitas Anda akan meningkat ketika merawat bayi, pastikan Anda juga menyiapkan tempat untuk beristirahat didekat box bayi. Ini akan membuat Anda bisa beristirahat sekaligus mengawasi dan menjaga bayi Anda.

6. Melibatkan keluarga

© hipwee.com

Dengan melibatkan keluarga berarti Anda juga harus harus menyiapkan kamar tamu untuk mereka sebagai tempat beristirahat. Anda harus memberi mereka kenyamanan ditempat Anda. Se;lain tempat Anda juga harus menyediakan makanan untuk mereka. Ini akan masuk dalam list belanjaan Anda, karena mereka juga harus mendapat pelayanan yang baik selama berada ddirumah untuk membantu merawat bayi Anda.

Ada banyak hal lagi yang perlu Anda urus sampai anak Anda tumbuh besar (termasuk pemeriksaan balita/imunisasi sangat penting), jangan abaikan kesehatan bayi baru lahir. Dengan menyiapkan ruangan yang aman dan terkondisi dengan baik maka kita bisa membantu bayi melewati hari-hari pertamanya dengan nyaman. Tetap menjaga kebersihan lingkungan agar sistem kekebalan bayi tidak terganggu, perhatikan udara sekitar kamar dan rumah Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.