Selain Buahnya yang Kaya Vitamin, Ternyata Kulit Buah Semangka Sangat Ampuh Mengatasi Diabetes

0
8

Diabetes adalah penyakit gula darah tinggi, dimana penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi. Kadar gula darah tinggi akan sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan berbagai macam kerusakan pada beberapa fungsi organ dalam manusia, kerusakan tersebut disebut dengan komplikasi diabetes.

Komplikasi diabetes yang terjadi diantaranya adalah tersumbat nya pembuluh darah ke otak, infeksi paru-paru, hipertensi, kerusakan fungsi hati, gagal ginjal dan masih banyak lagi. Semua komplikasi tersebut terjadi karena naiknya kadar gula darah pada penderita diabetes, akan sangat sulit sembuh penyakit diabetes yang diderita apabila sudah terjadi komplikasi.

Gaya hidup tak sehat memicu diabetes

© Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Kadar gula darah sendiri didapat dari makanan yang dikonsumsi, dan kadar gula darah bermanfaat sebagai sumber energi untuk tubuh. Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat akan memicu naiknya kadar gula di dalam darah, maka penyebab dari penyakit diabetes sendiri adalah karena gaya hidup yang tidak sehat.

Selain gaya hidup yang tidak sehat, penyebab lainnya adalah faktor keturunan. Penderita diabetes tidak boleh menikah dengan orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes juga, karena akan sangat berisiko pada kehamilan, bahkan ada kemungkinan bayi yang lahir tidak selamat atau bayi memiliki harapan hidup yang singkat.

Melihat berbahayanya penyakit diabetes, maka cara terbaik untuk menghindari diabetes adalah dengan menjaga gaya hidup tetap sehat. Selain itu, cara untuk mengatasi penyakit diabetes adalah dengan menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes, masalahnya adalah cara menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes sangat sulit, anda harus bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil dengan memperhatikan apa yang anda konsumsi.

Manfaat kulit semangka untuk diabetes

© Gambar oleh Nelly VINCENT dari Pixabay

Buah semangka terkenal dengan rasa manisnya serta ukuran buahnya yang sangat besar. Buah semangka memang sangat baik untuk kesehatan, karena kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat memberikan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk tubuh.

Untuk mengatasi penyakit diabetes, anda bisa mencoba memanfaatkan kulit semangka. Kulit semangka mengandung citrulline, penghasil nitrit oksida yang mampu menurunkan glukosa darah. Kadar citrulline dalam semangka 3,9-28,5 mg per gram bobot kering. Kadar citrulline tidak berbeda jauh antara semangka berbiji dan nonbiji, masing-masing 16,6 mg dan 20,3 mg per gram bobot kering. Citrulline semangka berdaging merah (7,4 mg) lebih sedikit dibanding semangka berdaging kuning (28,5 g) dan jingga (14,2 mg). Kadar citrulline pada kulit semangka mencapai 24,7 mg, ternyata lebih banyak dari pada daging buah yang hanya 16,7 mg.

Cara memanfaatkan kulit semangka untuk diabetes sebagai pengobatan herbal diabetes, cara mengolahnya sangat mudah, anda hanya perlu merebus kulit semangka, kemudian anda minum air rebusan kulit semangka sebanyak 2 kali sehari. Konsumsi secara rutin, maka kadar gula darah anda akan turun dan anda pun bisa sembuh dari penyakit diabetes. Segera berhenti mengkonsumsi air rebusan kulit semangka apabila kadar gula darah sudah stabil dan turun dalam keadaan normal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.