Tertarik Dunia Bisnis Kuliner? Berikut Kiat Suksesnya

0
21

Di era sekarang, banyak sekali orang yang mulai merasa resah menjadi karyawan. Selain rasa jenuh karena terikat dengan aturan perusahan, orang-orang mulai berambisi untuk menciptakan usaha sendiri. Menjadi owner untuk usahanya, tanpa rasa kekang dan demi perbaikan sistem ekonomi dirinya. Tak banyak orang memilih resign dari pekerjaan dan memulai usaha baru.

Dan saat ini, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang banyak dilirik karena dianggap menjanjikan dan dapat memberi keuntungan yang cukup besar. Kalangan artis pun juga mulai merambah dunia bisnis kuliner dengan bermodal brand nama tenar mereka. Hasilnya, banyak sekali yang tertarik bahkan berhasil membuka cabang di beberapa kota besar. Namun tidak ada halangan pula bagi kita yang hanya orang biasa untuk memulai usaha bisnis kuliner. Memang perlu diingat bahwa banyak orang juga menggeluti bisnis ini sehingga kita harus memperhatikan beberapa hal agar bisa bersaing dan meraih kesuksesan juga.

Lalu apa sajakah kiat-kiat yang harus kita tempuh agar usaha kuliner yang akan kita geluti bisa ikut bersaing di pasar?

Berikut tips-tipsnya :

1. Menentukan segmentasi dan target pasar

© pixabay.com

Ibarat memanah, sebuah usaha perlu menentukan target yang tepat. Tujuannya adalah agar lebih fokus ke arah mana anak panah atau usaha kita melesat sehingga paham bagaimana cara menangani sebagian besar masalah. Selain itu, perlu juga kita tahu seberapa kuat kita menarik anak panah. Bila dekat, kita tidak perlu menarik anak panah terlalu jauh sehingga tenaga kita tidak terbuang sia-sia. Bila jauh, tentu butuh usaha yang lebih demi mencapai target. Untuk itulah diperlukan adanya segmentasi pasar yang baik sebagai target guna menentukan arah dan seberapa kuat kita menarik anak panah.

Sayangnya, banyak pengusaha yang kurang paham tentang segmentasi pasar. Semua hal dianggap sama, dipukul rata. Akibatnya, usaha jadi kurang fokus dan kita tidak menemukan target utama untuk dijadikan sasaran tembak sehingga tenaga atau sumber dana kita jadi terbuang sia-sia. Hal ini yang justru nantinya akan membunuh usaha anda secara perlahan.

Di sini, anda perlu menentukan umur, pekerjaan, pendapatan dan faktor-faktor lain yang akan menjadi konsumen anda. Misalkan saja, anda akan membuka sebuah tempat makan di dekat kampus, maka konsep yang harus anda pilih adalah kafe yang cocok untuk para mahasiswa nongkrong dan mengerjakan tugas. Selain itu kenyamanan tempat juga perlu diperhatikan, misal dengan melengkapi kafe dengan fasilitas wifi, hal itu akan semakin menarik minat para konsumen karena selain makan dan nongkrong mereka juga bisa menikmati fasilitas internet.

2. Melakukan inovasi

© pixabay.com

Melakukan inovasi terhadap usaha yang kita geluti adalah hal yang penting agar usaha kita mampu bersaing di pasar. Namun seringkali orang yang sudah memiliki sebuah bisnis yang mapan akhirnya lupa tentang pentingnya inovasi bisnis yang harus dilakukan secara terus menerus. Dapat dikatakan bahwa bisnis yang terus melakukan inovasi adalah bisnis yang terdepan dan berhasil. Sama halnya dengan kehidupan yang selalu berganti tantangan dari hari ke hari, begitu juga yang terjadi pada dunia bisnis. Bila hari ini bisnis anda menjadi pemenang, belum tentu itu akan bertahan selamanya.

Berikut beberapa alasan mengapa sebuah inovasi sangat perlu kita lakukan :

  • Inovasi bisnis diperlukan untuk menjaga bisnis anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan juga pastinya terus berelevan bagi konsumen. 
  • Mengganti sebuah produk dengan produk lain yang memiliki banyak fungsi.
  • Inovasi bisnis yang memberikan keuntungan besar.

Nah, lalu apa yang harus dilakukan agar bisnis kuliner Anda terus memiliki banyak peminatnya dan omzet bisa meningkat? Berikut ini tipsnya :

  • Update menu terbaru
  • Melakukan promosi
  • Perbanyak varian menu
  • Perluas pemasaran

3. Memiliki pengetahuan dan keahlian

© pixabay.com

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sangat erat hubungannya dengan cita rasa, untuk itu perlunya pengetahuan dan keahlian dalam meramu bumbu masakan harus dimiliki oleh pengusaha di bisnis ini, walaupun Anda tetap akan merekrut seorang juru masak pada akhirnya. Namun jangan sampai hanya mengandalkanjuru masak karena anda akan kesusahan saat ia tidak mau bekerja lagi. Akan sangat menguntungkan bagi orang yang memang sudah mempunyai hobi dan keahlian dalam hal memasak, bagi Anda yang tidak punya pengalaman tentang memasak apa yang harus dipersiapkan? Caranya dengan banyak membaca buku-buku masakan dan Anda juga bisa mengikuti kelas-kelas singkat mengenai memasak. Dari pengetahuan yang didapatkan, akan ditemukan hal-hal baru dan inovasi-inovasi menu yang layak jual.

4. Menjaga konsistensi rasa dan pelayanan yang baik

© pixabay.com

Setelah bisnis kuliner anda lumayan dikenal, ingat untuk selalu menjaga konsistensi rasa makanan. Rasa adalah hal yang sangat penting dalam usaha bisnis kuliner dan menjadi kunci kesuksesan. Jangan sampai tiba-tiba berubah menjadi tidak enak dan membuat konsumen tidak mau untuk datang. Contoh sederhana saja, ada warung yang letaknya berada di pemukiman dan tidak terlalu strategis. Namun warung tersebut selalu ramai akan pengunjung. Hal yang menjadi kuncinya adalah rasa yang mudah diterima dan khas. Namun jika warung tersebut luput dari menjaga konsistensi rasa, hal yang akan terjadi adalah hilangnya para pengunjung dan warung akan mengalami kemunduran. Selain dari segi rasa, pelayanan pun perlu selalu ditingkatkan agar konsumen merasa nyaman dan betah.

Nah, itu dia beberapa tips tentang bagaimana cara memulai bisnis kuliner. Jadi, apakah anda sudah siap untuk berbisnis kuliner? Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.