Tips Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Menghindari Distraksi

0
4

Pembelajaran yang efektif hanya dapat dicapai jika Anda dapat memusatkan perhatian penuh pada apa yang ingin Anda pelajari. Jika Anda tidak dapat berkonsentrasi sepenuhnya pada apa yang Anda lakukan karena Anda terus-menerus terganggu, atau pikiran Anda tidak fokus, maka proses belajar Anda akan terganggu.

Konsentrasi adalah kemampuan untuk memusatkan semua perhatian pada aktivitas yang ada dan memblokir semua pikiran dan gangguan yang tidak perlu. Menurut peneliti di University of California Irvine, dibutuhkan rata-rata 23 menit dan 15 detik untuk kembali fokus kepada tugas setelah Anda berkutat dengan gangguan.

Jadi, apa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan konsentrasi dan tingkat fokus kita? Untungnya hal itu adalah keterampilan yang dapat dikembangkan, Anda hanya perlu tahu teknik yang tepat.

Dalam panduan ini kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi dengan memanfaatkan berbagai teknik konsentrasi, dan belajar cara menghentikan gangguan.

Cara meningkatkan konsentrasi :

1. Tidur

© pixabay.com

Atur waktu tidur Anda. Waktu tidur yang cukup akan membuat diri Anda menjadi rileks dan segar. Tidur itu penting karena memungkinkan otak Anda untuk pulih dan membantu mengingat informasi dengan lebih efektif. 

2. Olahraga

© Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Olahraga teratur adalah cara yang bagus untuk membantu meningkatkan konsentrasi Anda ketika belajar, karena mempercepat sirkulasi darah ke otak. Akibatnya, otak Anda mendapatkan makanan yang dibutuhkannya sembari mendetox tubuh Anda. Aktivitas fisik akan meningkatkan fokus kemampuan Anda dan meningkatkan konsentrasi, serta memberi Anda dorongan mental bahkan jika itu hanya dilakukan untuk jangka waktu 15 hingga 20 menit.

3. Istirahat

© Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Istirahat adalah aspek penting dari pembelajaran yang efektif. Penting untuk beristirahat lebih lama. Jadwalkan periode istirahat setiap 50 atau 60 menit karena Anda tidak akan dapat mempertahankan fokus untuk periode waktu yang lebih lama.

4. Buat pembelajaran menjadi menarik

© pixabay.com

Agar Anda tetap termotivasi, merupakan ide bagus untuk melakukan pendekatan belajar dari berbagai sudut. Ini dapat dilakukan dengan membaca dari buku teks Anda dan kemudian mempelajari catatan Anda sendiri. Anda dapat membaca topik dengan lantang, mencoba mengajarkan topik tersebut kepada orang lain atau bahkan menguji diri sendiri tentang topik yang telah Anda pelajari.

5. Makanan

© Gambar oleh RitaE dari Pixabay

Menggerakkan pikiran adalah elemen penting untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa belajar lebih baik ketika mereka mendapatkan asupan gizi yang baik. Pastikan untuk selalu makan makanan yang tepat, hal ini akan secara signifikan meningkatkan kewaspadaan menghindari kelelahan. Makanan dengan protein tinggi, karbohidrat, dan gula rendah adalah kandungan yang bagus untuk pikiran Anda. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi dapat menyebabkan tingkat konsentrasi Anda menurun.

 6. Hindari kekacauan

© Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Penting untuk memiliki tempat yang bersih dan rapi ketika Anda mencoba belajar, karena ruang kerja yang berantakan dapat berdampak negatif pada suasana hati Anda. 

7. Motivasi

© Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Motivasi adalah elemen lain yang dapat memengaruhi kemampuan belajar kita. Memiliki pemahaman yang jelas tentang mengapa kita ingin mempelajari suatu dapat menumbuhkan semangat kita.

Cara agar fokus lebih baik :

1. Hentikan multi-tasking

© Gambar oleh William Iven dari Pixabay

Multi-tasking bukanlah ide yang baik ketika mencoba untuk belajar. Misalnya bermain handphone sambil belajar dapat mengganggu konsentrasi Anda. Dengan cara ini Anda akan dapat mencurahkan perhatian penuh 100% dan konsentrasi pada topik yang dihadapi.

2. Jernihkan pikiran Anda

© Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Saat Anda masih memikirkan hal-hal lain di waktu belajar, Anda tidak akan bisa fokus sepenuhnya. Ini memengaruhi kemampuan Anda untuk belajar secara efektif, oleh karena itu, penting untuk memiliki pikiran yang jernih ketika Anda duduk untuk belajar.

3. Prioritaskan yang penting

© Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Untuk membantu Anda belajar dengan lebih efisien, sebaiknya Anda memprioritaskan kegiatan Anda. Pikiran Anda tidak akan tenang jika Anda tidak yakin apakah Anda mempelajari topik yang tepat, atau topik yang benar, pada waktu yang tepat.

4. Minimalkan Gangguan

© Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Sebelum Anda mulai belajar, Anda harus berusaha menghilangkan sebanyak mungkin gangguan. Ini dapat mencakup ponsel, facebook, email, televisi, dll. Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal ini menyerap perhatian Anda saat Anda mencoba untuk belajar. Dengan menjadikan area belajar Anda bebas dan tenang, Anda meningkatkan kemampuan Anda untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi studi Anda.

Cara menghindari gangguan atau distraksi saat belajar :

1. Pra-komitmen

© Gambar oleh lil_foot_ dari Pixabay

Pra-komitmen untuk suatu tugas pada dasarnya melibatkan pengurangan kemampuan untuk mengalihkan perhatian Anda. Cara yang baik untuk melakukannya adalah membuat daftar topik yang ingin Anda selesaikan dalam periode waktu tertentu. Kemudian centang tugas yang sudah selesai. Kedengarannya sederhana dan memang begitu. Tetapi itu bisa sangat efektif karena pada akhir periode studi, Anda dapat menentukan apakah Anda telah mencapai target atau tidak.

Ketika Anda berkomitmen untuk melakukan tugas tertentu, Anda harus menghapus apa pun yang akan memengaruhi kemampuan Anda untuk menyelesaikan tugas dalam periode itu. Ini dapat dicapai dengan menghapus semua item yang dapat menimbulkan gangguan potensial. Ini bisa melibatkan pengaturan diri Anda di ruangan yang sunyi, di mana ada sedikit kemungkinan orang lain mengganggu Anda, tidak ada televisi, tidak ada telepon atau media sosial dll yang berpotensi mencegah Anda mengerjakan tugas Anda.

2. Refleksikan

© Gambar oleh Wokandapix dari Pixabay

Pada akhir masa studi Anda, adalah ide yang baik untuk merenungkan bagaimana kelanjutannya. Ini adalah cara yang baik untuk memantau apakah pendekatan yang telah Anda adopsi untuk mempelajari topik tertentu telah efektif atau apakah Anda mungkin perlu menyesuaikan hal-hal untuk membuat proses lebih efisien dan menghasilkan hasil yang lebih baik di waktu berikutnya.

Pemantauan kinerja Anda ini dapat dilakukan setiap hari atau setiap minggu tetapi sangat penting untuk mengidentifikasi peningkatan dan menentukan di mana Anda berada dalam kaitannya dengan tujuan Anda. Ini adalah cara yang baik untuk mengakhiri minggu dan menyiapkan rencana tentang apa yang perlu dilakukan untuk minggu ke depan. Ini akan memungkinkan Anda untuk menilai apakah jadwal khusus Anda, teknik dan tempat belajar terbukti efektif.

3. Buat daftar hal-hal yang mengganggu Anda

© Gambar oleh TeroVesalainen dari Pixabay

Meskipun Anda dapat melakukan semua upaya di dunia untuk menghilangkan semua gangguan potensial,namun hal itu masih akan menganggu. Cara yang baik untuk mengatasinya adalah memiliki selembar kertas di samping Anda sehingga ketika pikiran yang mengganggu masuk ke kepala Anda, Anda bisa menuliskannya di selembar kertas.

 4. Lingkungan

© Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Untuk studi dan konsentrasi yang efektif, penting untuk membangun lingkungan belajar yang bebas gangguan dan tenang. Sisihkan waktu dan tempat tertentu di mana Anda akan belajar setiap hari. Anda harus menemukan area di mana ada sedikit kemungkinan orang hanya menelepon atau keluar-masuk kamar Anda. Singkirkan smartphone, tablet, dll. Hapus semua hal-hal yang jelas yang mungkin akan mengganggu. Tempatkan mereka di sisi berlawanan ruangan atau bahkan di ruangan lain. Anda dapat mematikan koneksi internet Anda sepenuhnya untuk memastikan bahwa tidak ada godaan untuk menjelajahi internet saat mencoba belajar. Jika Anda memerlukan informasi yang daring, Anda dapat mendownloadnya sebelum belajar.

Belajar meningkatkan fokus dan konsentrasi bisa dilakukan, tetapi butuh kegigihan. Pikirkan konsentrasi Anda sebagai otot. Ketika Anda pertama kali berolahraga, ia akan cepat lelah dan mungkin bahkanAnda akan sakit setelahnya. Anda mungkin frustrasi karena tidak ada kemajuan karena Anda tidak melihat hasilnya secepat yang Anda inginkan. Ini sama persis dengan tingkat fokus dan konsentrasi Anda. Saat Anda berlatih, Anda akan mulai kehilangan pola pikir negatif dan gangguan yang menghalangi Anda untuk mencapai fokus dengan benar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar di sini
Tulis nama di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.